kumparan
7 Feb 2019 15:15 WIB

5 Rekomendasi Selat Solo Terenak di Tanah Asalnya

Selat Solo atau bistik Jawa bercita rasa Indonesia Foto: Dok. Good Indonesian Food
Indonesia juga punya beef steak yang tak kalah nikmat, yaitu selat solo. Hidangan ini merupakan aneka sayuran seperti wortel dan kentang yang dipadukan dengan daging sapi berkuah seperti semur.
ADVERTISEMENT
Rupanya, selat adalah makanan khas Solo yang merupakan buah dari penjajahan Belanda di bumi Surakarta. Perpaduan sayur dan daging ini sangat disukai orang Belanda. Alih-alih mirip steik, justru banyaknya sayuran membuat hidangan ini jauh lebih miril salad. Orang Belanda menyebut salad dengan slachtje. Sulitnya lidah orang Jawa untuk melafalkannya, akhirnya mereka menyebut hidangan ini dengan selat. Rasa manis dan gurih membuat makanan ini juga disebut sebagai bistik jawa. Agak kurang sepertinya bila belum menikmati makanan dengan rasa kaya bumbu dan rempah bila tidak mampir ke Solo. Nah, bila kamu sedang bertandang ke sana, coba dulu selat solo paling mantap di tanah asalnya seperti telah kumparanFOOD rangkum berikut ini: 1. Warung Selat Solo Mbak Lies
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Tempat makan di Solo ini memang terkenal dengan selat solonya sejak tahun 1978. Meski tempatnya agak tersembunyi karena harus melewati gang, tidak sedikit orang yang bertandang untuk mencicipi seporsi selat solo yang sungguh nikmat. Selain rasanya yang gurih dan manis, selat solo di sini juga dilengkapi dengan lidah sapi, telur, kentang, wortel, buncis, dan juga mustard khas Belanda. Jangan kaget dengan kuah selat solo yang dingin karena memang penyajiannya demikian. Namun, kamu juga bisa memintanya untuk dihangatkan terlebih dahulu.
Warung Selat Solo Mbak Lies
Alamat: Jl. Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
Jam buka: Setiap hari (08.00-18.00)
2. Omah Selat
Loading Instagram...
Omah selat merupakan sebuah restoran di Solo yang masih menempati bangunan rumah khas Jawa yang klasik. Interior tempat ini juga didominasi barang-barang kuno sehingga nuansa jadul pun masih sangat terasa. Soal harga, tiap porsi selat di Omah Selat berkisar di Rp 20.000-an. Omah Selat juga sangat konsisten dengan pemilihan bahannya; mulai dari sayur hingga daging yang segar. Tidak heran kalau tampian selat solo di sini sangat berwarna dengan daging yang menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Omah Selat
Alamat: Jl. Gotong Royong No.13, Jagalan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126
Jam buka: Setiap hari (10.00-18.00) 3. Selat Vien's
Loading Instagram...
Selat Vien's juga wajib kamu sambangi bila sedang di Solo. Ada banyak cabang, namun yang paling banyak dikunjungi ada di Jalan Hasanudin No. 99 D/E, Punggawan, Banjarsari, Surakarta. Bila mampir ke sana, kamu harus agak sabar mengantre. Perpaduan rasa manis, asam, dan gurih dari selat solo ini sukses menarik perhatian masyarakat atau wisatawan yang sedang mampir ke Solo. Selat Vien's cocok untuk destinasi pertama, sesaat setelah menjejakkan kaki di Solo, karena letaknya yang dekat dengan Stasiun Balapan.
Selat Vien's
Alamat: Jl. Hasanudin No.99 C, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132
ADVERTISEMENT
Jam buka: Setiap hari (07.30-17.00) 4. Selat Kusumasari
Loading Instagram...
Buka sejak tahun 1990, Selat Kusumasari tetap mempertahankan rasa selat solo yang mereka sajikan. Tidak hanya selat solo, kamu juga menikmati aneka makanan yang tak kalah seru seperti seperti gado-gado dan es krim untuk melawan cuaca panas.
Selat Kusumasari
Alamat: Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151
Jam buka: Setiap hari (10.00-21.30)
5. Selat Tenda Biru
Loading Instagram...
Di pusat kota Solo ada Selat Tenda Biru yang cocok untuk tempat makan siang atau pun makan malam bersama teman-teman. Rasanya boleh diadu karena perpaduan daging empuk, sayur rebus, serta kuah gurih manisnya pasti bikin kamu selalu ingin kembali ke sana. Tak heran, Selat Tenda Biru ini jadi destinasi kuliner yang patut kamu sambangi bila mampir ke Solo.
ADVERTISEMENT
Selat Tenda Biru
Alamat: Jl. K.H Samanhudi No.10, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142
Jam buka: Setiap hari (09.00-21.00)
Bila kamu sedang di Solo, tidak ada salahnya untuk mencicipi selat solo terbaik di tanah asalnya. Atau, bila kamu belum sempat ke sana, silakan mampir ke 5 rekomendasi tempat makan selat solo di Jakarta di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·