Pencarian populer

5 Tips Menggunakan Kecap agar Masakan Semakin Nikmat

Kecap (Foto: Shutter Stock)
Sedihnya saat rasa masakan yang menggunakan kecap tidak seperti yang diharapkan. Padahal kecap merupakan salah satu bumbu wajib di beberapa jenis masakan.
ADVERTISEMENT
Nah, agar masakan kamu kian nikmat dengan tambahan kecap, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja? Simak yuk, tips memasak menggunakan kecap berikut ini.
1. Pilih kecap berkualitas
Seorang food developer, Diah Didi, mengatakan hal pertama yang harus diperhatikan saat memasak menggunakan kecap adalah kecapnya sendiri. Ya, kamu harus memilih kecap yang berkualitas agar masakan nikmat sempurna.
"Kecap yang kental, warnanya cokelat kehitaman," ujar Didi, sapaan akrabnya, saat menjelaskan kriteria kecap berkualitas.
2. Kecap untuk memasak semur
Beda masakan, beda pula waktu pemberian kecapnya. Didi menyarankan untuk menambahkan separuh kecap di awal memasak saat membuat semur.
"Kemudian ketika kuah hampir mengental bisa di tambahkan sedikit kecap lagi untuk menyempurnakan warna masakan," imbuhnya saat memberikan tips.
ADVERTISEMENT
Chef Alifatqul Maulana dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menambahkan saat memasak semur, beberapa saat sebelum disajikan hendaknya ditambah kecap lagi. Alasannya agar rasa kecapnya lebih kuat.
Kecap (Foto: Shutter Stock)
3. Kecap untuk nasi goreng
Beda lagi saat memasak nasi goreng atau mi goreng, di mana kecap tidak dibubuhkan di waktu awal memasak. Untuk dua jenis masakan ini, kecap sebaiknya ditambahkan di akhir, setelah semua proses bahan tercampur.
"Jadi selain warna nasi goreng cantik, juga tidak akan pahit, terkaramel ketika terkena panas tinggi kecapnya," tambah Didi.
4. Kecap untuk makanan yang dibakar
Bagi kamu yang hendak memasak makanan yang dibakar-bakar seperti sate, sebaiknya menggunakan kecap yang tidak tinggi karamelnya. "Kalau tinggi karamel maka nanti kecap dikasihnya di pembakaran kedua. Kalau nggak nanti gosong," saran Chef Alif.
Kecap (Foto: Shutter Stock)
5. Menggunakan api kecil
ADVERTISEMENT
Saat kamu memasak daging dengan bumbu kecap, agar kecap meresap sempurna sebaiknya menggunakan api kecil. Selain itu, kecap manis bisa membuat daging jadi lebih cepat empuk. Alasannya, kadar gula yang tinggi di kecap bisa memecah protein yang ada di daging.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80