Pencarian populer

7 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Jus buah dan sayur sebagai pewarna alami (Foto: Thinkstock)
Ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh yang sangat penting untuk menunjang kesehatan. Terletak di perut bagian bawah, ginjal memiliki banyak fungsi seperti alat penyaring limbah dan racun yang masuk ke dalam tubuh, mengendalikan keseimbangan air, hingga menjaga kadar mineral dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Namun, karena beberapa faktor seperti pola makan tidak sehat, kurang minum, dan gangguan saluran kencing, organ ginjal dapat mengalami penurunan fungsi yang akan berdampak pada kesehatan. Bahkan jika dibiarkan, maka gangguan ini dapat berujung pada infeksi hingga gagal ginjal.
Dan untuk mencegahnya, salah satu cara termudah adalah memperbanyak asupan cairan serta memperbaiki pola makan dengan bahan makanan yang lebih bernutrisi. Selain itu, beberapa minuman ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan ginjal.
Apa saja? Dilansir Boldsky, ini dia tujuh minuman yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi ginjal:
1. Air lemon
Air Perasan Lemon (Foto: thinkstock)
Meminum campuran lemon dengan air hangat atau madu dapat meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih sehat. Dilansir Boldsky, lemon yang bersifat asam akan meningkatkan kadar sitrat pada air seni. Kandungan sitrat yang tinggi akan menghambat pembentukan kristal di dalam ginjal.
ADVERTISEMENT
2. Jus buah bit
Buah bit mengandung senyawa anti-inflamasi. (Foto: Thinkstockphotos)
Meminum jus yang terbuat dari buah bit secara teratur ternyata dapat membersihkan ginjal, lho. Di dalam buat bit terkandung antioksidan yang dapat membantu melarutkan dan membersihkan penumpukan kalsium fosfat dan struvite yang dapat mengkristal di dalam ginjal. Hal ini dapat menurunkan risiko penumpukan batu ginjal yang berbahaya bagi kesehatan.
3. Larutan cuka apel
Cuka apel untuk selulit (Foto: Thinkstock)
Sama seperti air lemon, cuka apel yang mengandung asam sitrat, asam asetat, dan asam fosfor juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, cuka apel juga kaya akan antioksidan yang dapat menghalau racun akibat radikal bebas. Namun, karena kadar asamnya yang sangat tinggi, sebaiknya campur cuka apel dengan segelas air putih sebelum diminum agar tidak mengganggu fungsi pencernaan.
ADVERTISEMENT
4. Jus Wortel
com-Wortel (Foto: Thinkstock)
Wortel mengandung karoten yang dapat membantu menghalau racun serta membantu melarutkan logam berat yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Selain itu, serat di dalam jus wortel akan mengikat racun dan membawanya keluar dari tubuh.
5. Air Kelapa
Ilustrasi air kelapa. (Foto: Thinkstock)
Selain menyegarkan, air kelapa ternyata juga sangat bagus untuk kesehatan ginjal. Dengan elektrolit yang tinggi, mengkonsumsi air kelapa secara teratur dapat membantu maningkatkan fungsi ginjal agar dapat bekerja maksimal untuk menyaring air dan mineral di dalam tubuh.
6. Jus nanas
com-Nanas (Foto: Thinkstock)
Selain kadar asamnya yang tinggi, di dalam nanas juga terkandung enzim bromelain yang berfungsi menjaga kesehatan ginjal, menurunkan risiko iritasi ginjal, dan meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi juga akan meningkatkan kekebalan tubuh serta menyingkirkan racun berbahaya.
ADVERTISEMENT
7. Jus beri
Jus cranberry (Foto: Thinkstock)
Buah jenis berry seperti stroberi, blueberry, raspberry, atau cranberry mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membentengi tubuh dari serangan radikal bebas serta meningkatkan fungsi ginjal. Jus buah berry juga dapat membersihkan ginjal dari tumpukan mineral dan kalsium yang akan berubah menjadi kristal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86