kumparan
26 Nov 2018 16:05 WIB

9 Es Kopi Susu di Bawah Rp 20 Ribu Jadi Penyelamat di Tanggal Tua

Rekomendasi kopi susu murah meriah (Foto: Instagram/ @kopijanjijiwa @kopicuan)
Penghujung bulan sudah tiba, waktu gajian tak kunjung datang? Walau isi dompet sudah kering dan setipis papan tripleks, namun apa daya, demi meningkatkan produktivitas dan mood kerja, segelas es kopi tak luput untuk dipesan. Belum lagi bila ada bujuk rayu dari teman sekantor untuk memesannya lewat aplikasi ojek online atau delivery, mumpung ramai-ramai, jadi ongkirnya tak begitu mahal, katanya.
ADVERTISEMENT
Nah, bila kamu adalah satu di antara orang-orang yang tak bisa menahan diri untuk tak ikut memesan es kopi bersama teman di kantor, tenang saja, kamu masih bisa berhemat, kok. Masih ada banyak es kopi yang dibanderol dengan harga miring, sehingga tak membuat kantong semakin kering. Rasanya pun bervariasi, mau yang dicampur susu--es kopi susu yang kekinian, atau es kopi hitam yang langsung bikin semangat.
Demi menyelamatkan akhir bulanmu, berikut telah kumparanFOOD rangkum rekomendasi sembilan es kopi di bawah Rp 20 ribu yang bisa kamu pesan bareng teman-teman sekantor:
1. Tuku
Kopi Tuku (Foto: Instagram @jalan.yoks)
Menjadi pelopor dan trendsetter kopi susu, tentu tak lengkap bila tak memasukkan Tuku ke dalam daftar es kopi murah meriah. Kedai kopi yang berlokasi di Pasar Santa dan Cipete Raya tersebut bahkan pernah disambangi oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, sehingga membuatnya semakin booming di pasaran. Ciri khas dari es kopi susu buatan Tuku adalah teksturnya yang begitu kental, karena terbuat dari campuran espresso, susu, krim, dan gula aren.
ADVERTISEMENT
Dengan harga Rp 18 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati segelas es kopi susu tetangga khas Tuku, yang juga tersedia dalam menu panas. Hemat, kan?
2. Di Bawah Tangga
Kopi di Bawah Tangga (Foto: Instagram/ @di.bawahtangga)
Dimiliki oleh salah satu selebriti Tanah Air, Nino Fernandez, kedai kopi ini juga menawarkan menu es kopi yang murah meriah. Terdiri dari campuran espresso, susu, dan gula aren, menu es susu kopi kampung sudah dapat kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 19 ribu saja. Nah, bila ingin menikmati sajian kopi yang lebih pekat dan kuat, kamu juga bisa memesan es kopi hitam kampung yang dibanderol dengan harga sama.
Di Bawah Tangga sendiri telah memilki beberapa cabang yang bisa kamu pilih sesuai lokasi terdekat, yakni di Jalan Pangeran Antasari, kawasan SCBD, Gandaria City, dan Sarinah.
ADVERTISEMENT
3. Sagaleh
Sagaleh (Foto: Instagram/ @sagaleh)
Bila kebetulan lokasi kantormu berada di kawasan Melawai, tenang saja, ada es kopi susu murah yang bisa kamu beli meski sedang tanggal tua, kok. Kedai kopi bernama Sagaleh ini menyediakan menu es kopi susu yang diracik dengan biji kopi blend dari Sagaleh, susu UHT dan gula. Gulanya sendiri telah diracik secara khusus sehingga menciptakan rasa yang khas dan nikmat.
Selain di daerah Sambas, Melawai, Sagaleh juga memiliki outlet yang berlokasi di PIM 1. Harganya? Cukup dengan Rp 19 ribu saja, kamu sudah dapat menyesap segarnya es kopi bersama teman kantormu.
4. Kopi Kenangan
kopi kenangan mantan di Kopi Kenangan (Foto: Nurvita Indarini/ kumparan)
Tak selamanya kenangan tentang mantan itu menyakitkan, nyatanya secangkir kopi kenangan mantan mampu membuatmu kembali semangat untuk bekerja. Ya, kedai kopi yang sudah memiliki beberapa outlet di Cilandak, Kuningan, Gatot Subroto, Tebet, Lebak Bulus, Sudirman, Thamrin, Depok, hingga Puri ini menawarkan berbagai menu es kopi dengan nama yang unik. Selain es kopi kenangan mantan, misalnya, ada pula pilihan menu kopi mantan menikah, teh susu kenangan terindah, kopi kenangan masa lalu, kopi lupakan dia, sampai minuman selingkuhan.
ADVERTISEMENT
Bila kamu adalah penggemar es kopi susu dengan cita rasa kopi yang kuat, sepertinya es kopi kenangan mantan jadi pilihan yang tepat buatmu. Untuk dapat menikmatinya, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 18 ribu. Murah, ya?
5. Kulo
Kopi Kulo (Foto: Instagram/ @candrahermawan)
Satu lagi sajian es kopi yang bisa kamu nikmati tanpa membuat kantong kering. Bahkan, harganya lebih murah bila dibandingkan dengan es kopi lainnya, yakni hanya seharga Rp 15 ribu saja. Pantas saja, kedai kopi Kulo selalu ramai oleh antrian para ojek online karena harganya yang begitu terjangkau sehingga diminati oleh banyak orang. Dan yang pasti, kamu tak perlu lagi khawatir akan bangkrut hanya gara-gara membeli es kopi susu kekinian.
6. Kopi Cuan
Kopi Cuan (Foto: Instagram/ @kopicuan)
Bila kamu menyukai cita rasa es kopi yang tak terlalu manis dan sedikit asam, es kopi cuan tulen keluaran Kopi Cuan bisa jadi rekomendasi tepat. Harganya pun tak mahal, hanya Rp 18 ribu saja. Selain itu, bila ingin mencoba rasa kopi lain yang tak biasa, kamu bisa memesan kopi cuan ngerum yang terdiri dari campuran kopi susu dan rum, atau kopi cuan vanyila kuki dengan rasa cookies nan manis yang dibanderol dengan harga Rp 20 ribu saja.
ADVERTISEMENT
7. Janji Jiwa
Kopi Janji Jiwa (Foto: Instagram/ @kopijanjijiwa)
Menyajikan kopi Sumatera dengan grade specialty coffee, es kopi susu dari Janji Jiwa memiliki cita rasa yang cukup kuat, namun tetap creamy, dengan cecapan rasa smokey dan aroma yang harum. Terbuat dari campuran espresso, susu, dan gula aren, segelas es kopi susu Janji Jiwa tersebut dapat kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 18 ribu.
Tak cuma es kopi susu saja, terdapat pula varian menu lainnya seperti es kopi soklat--campuran espresso, susu segar, dan cokelat dengan harga yang juga terjangkau, yakni Rp 20 ribu, dan es soklat seharga Rp 18 ribu.
8. TARACETA
Kopi TARACETA (Foto: Instagram/ @paramytha.ratih)
Kedai kopi yang terletak di Warung Buncit Raya, tepatnya di Gedung Promenade bisa jadi penyelamat semangatmu di tanggal tua. Segelas es kopi susu TARA yang creamy bisa kamu nikmati dengan biaya yang murah, yakni Rp 17.500 saja. Nah, selain es kopi susu, TARACETA juga punya menu kopi bercita rasa unik, yakni kopi berry TARA yang terbuat dari campuran es kopi hitam dengan sirup rasa berry, yang dijual dengan harga sama.
ADVERTISEMENT
9. FamilyMart
Kopi FamilyMart (Foto: Instagram/ @foodstoryid_)
Bukan cuma menyediakan makanan ringan dan keperluan sehari-hari saja, minimarket asal Jepang ini juga menyajikan berbagai es kopi yang sangat terjangkau, lho. Bahkan, hampir semua menu kopinya--mulai dari americano, latte, cappucino, hingga es kopi susu keluarga dibanderol dengan harga Rp 14 ribu saja.
Bila menyukai cita rasa es kopi susu yang manis, creamy, tapi tak membuat eneg, kamu bisa memesan menu favoritnya, yakni dolce latte yang diberi campuran susu kental manis. Kamu pun tak perlu repot-repot datang ke sana, karena gerai minimarket tersebut sudah terdaftar di jasa delivery ojek online.
Dengan harga yang bersahabat, kamu tetap bisa menikmati secangkir kopi nikmat untuk menambah semangat, tanpa bikin melarat di akhir bulan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan