Pencarian populer

Horizontal atau Vertikal, Mana Cara Memarut Keju yang Paling Tepat?

Ilustrasi parutan keju (Foto: Thinkstock)

Keju menjadi salah satu olahan susu yang kerap dikonsumsi, entah dijadikan sebagai campuran makanan, taburan atau topping, hingga disantap langsung. Sebelum disajikan, keju biasanya akan diiris terlebih dahulu agar lebih mudah untuk disantap. Selain dipotong, keju juga sering disajikan dengan cara diparut terlebih dahulu.

Potongan keju balok akan digesekkan pada salah satu sisi parutan, sehingga menghasilkan helaian-helaian seperti benang panjang yang siap jadi taburan hidangan. Tanpa dijelaskan secara detail, tentunya sudah banyak yang tahu bagaimana cara memarut keju, bukan?

Namun, baru-baru ini, seorang pengguna Twitter sempat menunjukkan keheranannya terhadap unggahan video resep Mac and Cheese dari Tastemade UK yang diposting ulang oleh menusrved. Pada unggahan video resep tersebut, mereka memarut keju dengan cara yang tak biasa. Alih-alih diparut secara vertikal, justru parutan diletakkan secara horizontal dengan lubang parutan yang menghadap ke atas.

Lalu, setelah parutan penuh, barulah keju yang sudah terkumpul di bagian dasar parutan dipindahkan ke piring atau wadah lainnya.

Hal ini langsung memunculkan reaksi dari para warganet yang menyadari bahwa cara memarut secara horizontal tersebut lebih efektif dibanding memarutnya secara vertikal. Bahkan, tak sedikit yang merasa keliru dengan metode 'parutan' yang dilakukannya selama ini.

Ya, metode memarut keju ke arah kanan dan kiri akan jauh lebih rapi dibanding dengan memarutnya dari atas ke bawah. Kita tak bisa melihat seberapa banyak keju yang sudah terkumpul di dalam wadah karena tertutup oleh parutan, dan selalu saja ada helai-helai keju yang tertinggal dan terjatuh setiap kali kita mengangkatnya karena tertahan di lubang parutan.

Screenshot video Tastemade UK (Foto: Instagram/ @tastemadeuk)

Bukan itu saja, dilansir Daily Mail, metode memarut keju secara horizontal membuat kita bisa lebih mengontrol tempo dan tekanan saat memarutnya, juga bisa lebih berhati-hati agar tangan tak terkena sisi tajam dari parutan yang bisa membuatnya terluka.

Kendati demikian, banyak pula yang masih tetap memiliki pendirian bahwa metode memarut keju paling benar tetap secara vertikal. Apalagi, beberapa parutan keju memiliki gagang di bagian atasnya, sehingga cukup tak masuk akal bila kita harus menggunakannya secara horizontal.

Bagaimana menurutmu, metode memarut keju seperti apa yang paling nyaman dilakukan?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: