Pencarian populer
7 Jenis Keju Terpopuler di Yunani
Keju Feta. (Foto: Thinkstock)
Selain terkenal dengan saladnya yang lezat dan menyehatkan, Yunani juga terkenal dengan produksi kejunya yang melimpah. Ya, sebagai produk unggulan di Negara Para Dewa, terdapat ragam jenis keju, mulai dari keju lunak bertekstur lembek hingga keju bertekstur keras yang disimpan hingga berbulan-bulan.
Di Yunani, keju diolah sebagai campuran salad, sandwich, atau bahkan digoreng menjadi Sanagaki, salah satu sajian khas Yunani. Ingin tahu jenis keju apa saja yang paling populer populer di Negara Para Dewa Ini? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh di antaranya:
1. Feta
Loading Instagram...
Feta merupakan keju khas Yunani yang sangat populer, bahkan hingga ke beberapa negara Eropa lainnya. Terbuat dari perpaduan susu kambing dan domba, keju Feta memiliki rasa yang tidak terlalu asin dengan tekstur sangat lembut dan rapuh.
Untuk menyimpannya, Feta harus disimpan di dalam air garam atau susu asin karena teksturnya yang mudah kering meski disimpan di dalam lemari pendingin. Biasanya, Feta dikombinasikan bersama salad, sup, atau diolah menjadi Sanagaki.
2. Graviera
Loading Instagram...
Tak hanya Feta saja, keju Graviera juga sangat populer di beberapa kota di Yunani seperti Crete, Lesbos, Naxos, dan Amfilochia. Namun berbeda dengan Feta, Graviera memiliki tekstur lebih keras dengan warna kuning pucat yang menjadi ciri khasnya.
Selain itu, Graviera memiliki cita rasa cenderung agak manis saat disantap. Karenanya, keju jenis ini sangat cocok disajikan sebagai camilan bersama biskuit, topping kue, atau pendamping salad.
3. Metsovone
Loading Instagram...
Sesuai namanya, keju jenis ini berasal dari Metsovo, sebuah dataran tinggi di Yunani Utara. Salah satu ciri khas keju ini adalah kulitnya yang keras dengan bagian dalam keju yang lebih lembut dibandingkan graviera.
Selain itu, ciri khas lainnya adalah bentuknya yang lonjong memanjang. Karena tekstur kulitnya yang keras, Metsovone biasanya dipotong-potong menjadi camilan atau dipanggang bersama taburan kacang dan bubuk cayenne di atasnya.
4. Kasseri
Loading Instagram...
Populer di Yunani dan Turki, Kasseri merupakan keju semi-lunak yang terbuat dari susu domba. Kasseri memiliki tampilan berwarna putih pucat dengan cita rasa creamy dan tekstur yang lembut. Kasseri biasanya disajikan sebagai camilan pendamping biskuit, topping pada kue dan pastry, atau dipanggang menjadi Sanagaki yang lezat.
5. Mizithra
Loading Instagram...
Mizithra atau Mi-zee-thra adalah keju lunak berwarna pucat yang terbuat dari susu domba, susu kambing, atau campuran keduanya. Bertekstur lembut seperti Feta, Mizithra memiliki cita rasa yang creamy dan tidak terlalu asin. Karenanya, keju berwarna putih susu ini sering dikombinasikan bersama salad buah, madu, atau sebagai campuran pastry.
6. Kefalograviera
Loading Instagram...
Kefalogravieira adalah jenis keju yang populer di daerah Epirus, Aetolia-Acarnania, Evrytania, hingga ke Makedonia Barat. Terbuat dari susu biri-biri yang diproses menjadi keju lalu didiamkan selama minimal tiga bulan, Kefalograviera memiliki tekstur lembut namun lebih kokoh dibanding Feta atau Mizithra.
Selain itu, cita rasanya juga lebih asin dengan sensasi creamy yang mendominasi. Biasanya Kefalograviera disajian sebagai Sanagaki atau taburan pada pasta.
7. Manouri
Loading Instagram...
Lebih lembek dibandingkan Feta, Manouri terbuat dari campuran krim dan susu kambing atau biri-biri. Dengan teksturnya yang lembut menyerupai krim tahu sutera serta rasanya yang tidak terlalu asin, keju yang banyak ditemukan di wilayah Yunani Utara dan Athena ini sangat cocok dikombinasikan bersama aneka dessert seperti cheesecake, pastry, serta topping untuk kue.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: