Pencarian populer
25 Desember 2017 13:13 WIB
..
..

Mince Pie, Kue Khas Natal Favorit Ratu Elizabeth II

Mince pie favorit ratu Elizabeth II (Foto: Dok. kerajaan Inggris)

Di antara banyaknya jenis kue pai yang ada di Inggris, ada satu pai yang menjadi favorit Ratu Elizabeth II. Pai ini selalu disajikan saat perayaan Thanksgiving serta Natal di Istana Buckingham.

Adalah Mince Pie, pai yang terkenal akan kelezatannya dan menjadi salah satu kue yang selalu hadir dalam tradisi Natal kerajaan Inggris sejak masa pemerintahan Raja George V, kakek Ratu Elizabeth II hingga saat ini.

Loading Instagram...

Apa yang membuat Mince pie spesial?

Beberapa negara di benua Eropa dan Amerika telah lama menjadikan pie sebagai salah satu sajian saat Natal. Di antara banyaknya jenis pai, Mince Pie masuk ke dalam kategori pai berukuran kecil yang dapat disantap dalam satu kali suapan.

Mince Pie telah ada sejak jaman dahulu sebagai sajian kerajaan dan keluarga bangsawan saat malam Natal. Saat pertama kali diciptakan, Mince Pie dibuat dalam bentuk yang lebih lonjong merepresentasikan ranjang bayi yang ditempati oleh Nabi Isa.

Pai ini diisi oleh aneka daging yang dioleh bersama rempah-rempah yang disebut mincemeat. Setelahnya, pai ini ditutup dengan kulit pai pastry yang dibentuk seperti bintang, bunga, atau dedaunan.

Loading Instagram...

Selain keluarga kerajaan Inggris yang selalu menyajikan Mince Pie sebagai jamuan saat Natal, pada jaman dahulu keluarga yang menyajikan pai serupa dalam jamuan makan malamnya juga menandakan kekayaan yang dimiliki, serta status sosial yang disandang oleh keluarga tersebut. Semakin bervariasi pai yang disajikan, semakin tinggi status sosial yang disandangnya.

Tradisi menyajikan Mince Pie bahkan dilakukan oleh Raja Henry V, pada abad ke-14 sang Raja menyajikan aneka Mince Pie di hari penobatannya sebagai Raja Inggris. Tidak hanya Mince Pie berisi daging, disajikan juga pai berisi aneka buah dan kismis yang tidak kalah lezatnya.

Loading Instagram...

Seperti kerajaan lainnya, sebagai salah satu kerajaan terbesar di Eropa, setiap hal yang ada di istana selalu menarik perhatian masyarakat, tidak terkecuali berbagai kudapannya.

Minggu lalu (15/12) untuk menjawab rasa penasaran masyarakat Inggris akan makanan favorit keluarga kerajaan ini, koki kerajaan bernama Kathryn Cuthbertson melalui website resmi kerajaan Inggris membocorkan resep kue yang memiliki kulit bertekstur renyah ini.

Dilansir dari Dailymail, Mince Pie dibuat agak berbeda dari kue pai jaman dahulu yang berisi aneka daging. Kue pai bertekstur renyah diisi dengan mincemeat yang terbuat beberapa jenis kismis, seperti currant dan sultana yang dicampur dengan apel, lalu dimasak dengan kayu manis dan beberapa rempah lainnya.

Dalam pengakuan koki yang telah bekerja di Istana Buckingham selama 17 tahun itu, setiap menjelang Natal sedikitnya ia harus membuat sekitar 1.200 buah Mince Pie yang akan disajikan untuk para pegawai dan tamu kerajaan. Selain membuat versi tradisional, koki kerajaan juga membuat Mince Pie bertabur kacang almond dan icing sugar untuk menciptakan tekstur berbeda pada kue tersebut.

Kue ini dibuat oleh Kathryn, bersama dengan salah satu asisten koki kepercayaan kerajaan yang telah bekerja di Istana Buckingham sejak 6 tahun lalu. Diperlukan sekitar satu bulan untuk mempersiapkan segala jamuan yang disajikan saat malam Natal di lingkungan istana.

Selain Mince Pie yang menjadi favorit, pihak istana Buckingham juga selalu menghadirkan kudapan lain yang tidak kalah menggoda, seperti Jammy Dodger atau sejenis kue kering dengan selai, cake cokelat, dan kue jahe spesial yang akan memanjakan tamu kerajaan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: