kumparan
30 Sep 2018 11:12 WIB

Tips Praktis Membuat Mozzarella Rumahan dengan Keju Cheddar

keju mozzarella (Foto: Shutterstock)
Mulai dari makanan pembuka hingga penutup akan semakin istimewa jika diberi tambahan keju seperti mozzarella. Bahkan, keju yang jika dipanaskan menghasilkan tekstur mulur tersebut kini banyak digunakan sebagai topping makanan khas Indonesia seperti ayam geprek. Bukan hanya itu, keju mozzarella juga beragam jenisnya mulai dari mozzarella hitam hingga warna-warni.
ADVERTISEMENT
Secara harfiah, mozzarella berasal dari kata 'mozzare' yang dalam bahasa Italia berarti memotong. Tak heran jika, keju ini diolah dengan cara dipotong-potong baru kemudian dicampur atau dijadikan topping pada masakan lainnya.
Namun sayangnya, mozzarella dijual dengan harga yang cukup mahal, sehingga tak sedikit orang yang akhirnya mencari pengganti keju dengan jenis lain. Jangan khawatir, mozzarella dengan tekstur mulur ini bisa kamu dapatkan dengan biaya yang terjangkau, lho. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips membuat keju mozzarella rumahan berikut ini.
1. Keju cheddar sebagai bahan utama
Keju cheddar (Foto: Thinstock)
Jenis keju sangatlah beragam, untuk membuat mozzarella rumahan ini kamu bisa menggunakan keju cheddar sebagai bahan utamanya. Caranya, cukup dengan memarut habis satu kotak keju cheddar yang akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan mozarella 'kw' ini.
ADVERTISEMENT
2. Beri tambahan bahan lainnya
Susu dan Keju. (Foto: Thinkstock)
Dalam membuat mozzarella rumahan ini kamu juga membutuhkan campuran bahan lain seperti susu cair full cream berukuran 300 mililiter dan satu sendok makan tepung maizena. Susu dan tepung maizena ini digunakan untuk membuat cita rasa mozzarella buatanmu lebih creamy dan tahan lama.
3. Masak semua bahan
Keju Feta. (Foto: Thinkstock)
Langkah selanjutnya dalam membuat mozzarella rumahan ini adalah mencampurkan keju cheddar yang sudah diparut dengan susu cair, lalu masak dengan api kecil. Sambil dimasak, tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan sambil diaduk-aduk hingga rata.
4. Saring adonan agar hasilnya lembut
Ilustrasi keju feta (Foto: Thinkstock)
Setelah adonan mozzarella matang dan semua bahan tercampur sempurna, aduk-aduk adonan hingga suhunya turun. Jangan lupa saring adonan 2-3 kali agar tekstur mozzarella buatanmu lebih halus. Cara ini juga dilakukan untuk menghindari adanya adonan yang menggumpal.
ADVERTISEMENT
5. Masukkan ke dalam kulkas semalaman
Menyimpan keju di kulkas (Foto: Shutterstock)
Langkah terakhir yang penting dilakukan adalah memasukkan adonan mozzarella ke dalam kulkas agar mengeras, Tapi, sebelum memasukkannya ke dalam kulkas ada baiknya taruh adonan mozzarella ke dalam wadah bertutup rapat terlebih dahulu agar mozzarella tidak terkontaminasi dengan bau dari bahan makanan lainnya.
Bagaimana, tertarik mencoba tips membuat keju mozzarella rumahan ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan