kumparan
23 Agu 2019 12:39 WIB

5 Fakta tentang Duo Semangka yang Minta Maaf Soal Konten Vulgarnya

Duo Semangka Foto: Instagram/claragopaduosemangkareal69
Duo Semangka mendadak ramai diperbincangkan sejak beberapa hari belakangan. Grup duo pedangdut yang memopulerkan lagu 'Mantul Mantul' itu baru saja dipanggil Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk dimintai klarifikasi mengenai beredarnya sejumlah video yang dianggap vulgar.
ADVERTISEMENT
Berikut ini lima fakta mengenai apa yang terjadi pada pemilik Goyang Mantul tersebut.
1. KPAI Layangkan Panggilan terhadap Duo Semangka
Duo Semangka. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Nama Duo Semangka mulai meramaikan pemberitaan ketika KPAI dikabarkan melayangkan panggilan terhadap kedua personelnya. Menurut Ketua KPAI Susanto, pihaknya membutuhkan klarifikasi dari mereka untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait video yang menampilkan Duo Semangka.
Video tersebut dinilai tidak sesuai dengan asas kepatutan. Selain itu, juga memunculkan kekhawatiran bahwa apa yang tampak dilakukan oleh Duo Semangka di sana akan ditiru oleh anak-anak.
Hanya saja, Susanto enggan menjelaskan video atau konten vulgar mana yang dimaksud. "Nanti, saat pertemuan dengan Duo Semangka, kami sampaikan," ucapnya kepada kumparan, Rabu (21/8).
2. Sempat Tak Penuhi Panggilan, Duo Semangka Akhirnya Datang ke KPAI
Duo semangka saat ditemui di Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (21/8). Foto: Alfadillah/kumparan
KPAI sesungguhnya menjadwalkan pertemuan dengan Duo Semangka pada Senin (19/8) lalu. Hanya saja, Clara Gopa dan Variola May mengaku berhalangan hadir dan meminta penjadwalan ulang.
ADVERTISEMENT
Keduanya kemudian memenuhi panggilan KPAI pada Kamis (22/8). Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang-lebih tiga jam, Duo Semangka menyampaikan klarifikasinya terkait video yang—oleh sebagian masyarakat—dianggap vulgar.
3. Video Vulgar yang Dimaksud KPAI Bukan Diunggah oleh Duo Semangka
Duo Semangka. Foto: Instagram/@claragopaduosemangkareal69
Setelah menggelar pertemuan, pihak KPAI dan Duo Semangka menghelat jumpa pers. Dalam kesempatan tersebut, KPAI mengungkap video yang membuat mereka meminta klarifikasi dari Duo Semangka.
Ada tiga konten YouTube yang ditinjau pihak KPAI. Duo Semangka tak menyangkal dugaan bahwa yang tampak di tiga video tersebut adalah mereka.
"Duo Semangka membenarkan orang yang ada dalam konten yang tersebar di media sosial tersebut adalah memang personel Duo Semangka meskipun tidak mengetahui siapa yang meng-upload video tersebut di YouTube," ujar Komisioner Bidang Pornografi dan Cyber Crime KPAI Margaret Aliyatul Maimunah.
ADVERTISEMENT
Menurut Duo Semangka, konten yang dimaksud memuat potongan tayangan live mereka di Instagram. Keduanya mengaku tak tahu-menahu perihal siapa yang mengunggah ulang video tersebut ke YouTube.
4. Duo Semangka Sampaikan Permintaan Maaf
Video
Duo Semangka mengaku tak keberatan atas pengaduan masyarakat terkait konten vulgar tersebut. Masih dalam jumpa pers bersama KPAI, diwakili Variola May, Duo Semangka menyampaikan permohonan maaf.
"Saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada KPAI maupun wartawan media yang ada di sini," ucap Variola May yang duduk di sisi rekan duonya, Clara Gopa.
5. Duo Semangka Akan Hati-hati dan Tak Umbar Tampilan Vulgar
Duo Semangka. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Duo Semangka, melalui pertemuan tersebut, menerima permintaan KPAI agar memperhatikan asas-asas kepatutan dan kesusilaan yang berlaku di Indonesia dalam berpenampilan. Mereka berkomitmen untuk melakukan inovasi dan kreativitas seni yang memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.
ADVERTISEMENT
"Ini menjadi pembelajaran kami ke depannya buat lebih berhati-hati dalam mengolah social media dan kami punya komitmen ke depannya agar lebih menghibur dengan cara yang positif," ucap Variola May.
Clara Gopa pun sependapat. Apa yang mereka alami, menurutnya, menjadi hikmah tersendiri.
"Jadi, kami lebih berhati-hati, yang mungkin dulu Duo Semangka belum punya nama, jadi frontal, terbuka, kemudian di-upload di YouTube. Dari sini, kami akhirnya lebih memahami dan tahu bahwa nama Duo Semangka sudah mulai banyak dikenal. Mungkin image seksi tetap ada di masyarakat. Tapi, untuk kevulgaran, kami mungkin mulai tertutup," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan