Pencarian populer

5 Hal yang Terjadi pada Augie Fantinus Selama Dipenjara

Augie Fantinus usai jalani sidang atas kasus pencemaran nama baik, Kamis (14/2). Foto: Alexander Vito/kumparan

Augie Fantinus akan segera menghirup udara bebas. Sebelumnya, dia dijatuhi vonis 5 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam sidang putusan kasus hoaksnya yang digelar pada Selasa (5/3).

Vonis tersebut, jelas hakim ketua Titik Tejaningsih, dipotong dengan masa tahanan yang telah dijalani Augie.

Bintang film 'Lagi-lagi Ateng' itu sendiri telah menjalani masa tahanan hampir 5 bulan lamanya. Sehingga, Augie pun diperkarakan akan bebas dari Rutan Salemba pada 13 Maret mendatang.

Augie Fantinus Foto: Instagram @augiefantinus

Jelang kebebasannya, ada beberapa fakta yang terjadi selama Augie Fantinus berada di dalam tahanan. kumparan telah merangkumnya. Mari kita simak.

  1. Sidang tuntutanAugie sempat ditunda dua kali

Suasana sidang Augie Fantinus atas kasus pencemaran nama baik, Kamis (14/2). Foto: Alexander Vito/kumparan

Sebelum divonis 5 bulan penjara, Augie Fantinus sempat menjalani dua kali sidang tuntutan. Namun, dua sidang sebelumnya selalu mengalami penundaan.

Sidang pertama pada 25 Februari lalu ditunda karena pihak Jaksa Penuntut Umum atau JPU masih belum siap untuk membacakan tuntutan. Menurut kuasa hukum Augie, Fajri Yusuf Herman, pihaknya sempat meminta agar tuntutan bisa digelar lebih cepat.

Namun, berdasarkan keputusan hakim, sidang tersebut akan kembali digelar pada Senin, 4 Maret lalu. “Kami coba minta lebih cepat, yaitu coba di hari Kamis sidang tuntutan, tapi katanya belum bisa,” ucap Fajri.

Sementara, pada Senin kemarin, pembacaan tuntutan suami Adriana Bustami itu kembali ditunda. Sehingga, sidang tuntutan pun diundur menjadi Selasa, 5 Maret kemarin.

Augie sempat merasa kecewa karena JPU masih belum siap dengan surat tuntutannya. Padahal, pada sidang sebelumnya, majelis hakim telah memberikan waktu bagi jaksa untuk menyelesaikan surat tersebut.

"Karena semakin lama buat saya sedih, karena saya ada di dalam (rutan), kalau saya di luar cuma ditunda sehari, ya, sudahlah, bisa ketemu anak. Sehari tuh 'kan, terasa. Seminggu terasa setahun, sehari terasa sebulan," terang Augie Fantinus.

Augie juga khawatir dengan sikap jaksa yang dua kali menunda sidang tuntutannya. "Jadi, enggak pernah tahu tuntutannya seperti apa 'kan, terus semakin cemas lagi setelah hakim menunda. Ya, agak sedih saja nunggu lagi sehari," jelasnya.

Akhirnya pada Selasa (5/3) kemarin sidang tuntutan Augie Fantinus digelar. Oleh hakim kemudian langsung dilanjutkan ke putusan yang akhirnya menetapkan Augie dengan vonis 5 bulan penjara.

  1. Augie Fantinus dapat nominasi di ajang Indonesian Movie Awards saat berada di penjara

Augie Fantinus. Foto: Aria Pradana/kumparan

Di tengah-tengah masa hukumannya, Augie Fantinus justru meraih prestasi. Berkat perannya sebagai Ateng dalam film 'Lagi-lagi Ateng', Augie meraih dua nominasi sekaligus dalam ajang penghargaan Indonesian Movie Awards (IMA) 2019, yakni 'Pemeran Utama Pria Favorit' dan 'Pemeran Utama Pria Terbaik'.

Mendengar kabar tersebut, tentu saja penggemar olahraga basket itu mengucapkan rasa syukurnya.

"Iya, puji Tuhan. Masuk di nominasi 'Aktor Terbaik' dan 'Aktor Terfavorit' untuk film gue, film yang sampai hari ini gue belum nonton," ujar Augie.

Augie tidak menyangka bisa masuk ke dalam nominasi ajang penghargaan film di kesempatan pertamanya tampil sebagai pemeran utama di layar lebar. Apalagi, dia disejajarkan dengan nama-nama lainnya yang sudah banyak pengalaman di film layar lebar, seperti Adipati Dolken, Ario Bayu, Dion Wiyoko, Gading Marten, Rano Karno, dan Ringgo Agus Rahman.

"Karena pas premiere-nya gue juga ada di dalem Rutan. Tapi, terima kasih apresiasinya buat para juri yang sudah menominasikan saya barengan sama aktor hebat lainnya," tuturnya.

  1. Augie Fantinus rayakan ulang tahun pernikahan di penjara

Augie Fantinus bersama istri, Adriana Bustami. Foto: Aria Pradana/kumparan

Pada 1 Maret lalu, pernikahan Augie dan Adriana menginjak usia yang ke-5. Namun, karena ayah satu anak itu mendekam di penjara, keduanya terpaksa merayakan hari bahagia mereka di penjara.

Walaupun terpisah jarak, ternyata hal tersebut tak mengurangi keromantisan pasangan tersebut. Melalui foto terbaru yang diunggah Adriana di akun Instagram pribadinya, ia menuliskan sebuah ucapan romantis untuk sang suami yang saat ini berada di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

"Happy 5th wedding anniversary Yonk.. Our Journey isn’t perfect.. But it’s ours. I'll stick with you ‘til the end. I miss you!! Come home soon... #weddinganniversary #5yearstogether," tulis Adriana.

Augie sendiri sempat pasrah karena ia harus merayakan ulang tahun pernikahannya di penjara.

"Kalau Tuhan belum kasih gue pulang, mungkin gue jalani anniversary-nya di Salemba. Tapi, sebenarnya gue enggak mau ngerayain anniversary di Salemba,” tuturnya ketika ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, baru-baru ini.

“Cuma ya, sudahlah, itu yang pertama dan terakhirlah ngerayain anniversary di penjara. Terus, istri gue tuh ngerayain ulang tahunnya barengan juga sama nyokap gue, tanggal 7 Maret, semoga sebelum tanggal 7 (ada putusan),” ucap Augie.

  1. Jual sepatu demi kebutuhan sehari-hari

Augie Fantinus di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (25/2). Foto: Giovanni/kumparan

Dengan mendekamnya Augie Fantinus di penjara, otomatis perekonomian keluarganya menjadi sedikit tersendat. Hal ini tentu saja membuat Augie harus memutar pikiran bagaimana memenuhi kebutuhan keluarga kecilnya.

Sejauh ini, mereka masih bisa bertahan dengan sisa tabungan darurat tersebut. Namun, Augie sadar, penahanannya saat ini tidak serta merta meluputkan kewajibannya sebagai kepala keluarga.

Untuk itu, Augie rela menjual berbagai koleksi sepatu yang ia miliki untuk jadi pemasukan bagi keluarganya. Sang istri saat ini kerap menjual koleksi sepatu kesayangan Augie lewat akun media sosial miliknya.

“Kalau tahu dari Instagram Diana juga, gue tuh koleksi sepatu dan dia akhirnya ngejualin sepatu gue, ya. Banyak sepatu kesayangan, 'kan koleksi, ya, itu buat ngebantu hidup kita. Terutama buat Enzo (anak), buat Diana-lah,” kata Augie.

Sementara itu, Adriana mengaku juga mencoba untuk membantu menambah pemasukan rumah tangganya dengan cara mengajar olahraga.

“Iya, sih, so far sekarang aku cuma ngajar olahraga. Tapi, puji Tuhan, kita masih punya tabungan, sih,” ucap Adriana dalam kesempatan yang sama.

  1. Augie Fantinus ingin program anak kedua setelah bebas

Augie Fantinus di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (25/2). Foto: Giovanni/kumparan

Selama hampir 5 bulan hidup terpisah dari keluarga kecilnya, Augie Fantinus mengaku rindu menghabiskan waktu bersama istri dan anaknya. Apalagi, dia ingin memberikan adik bagi putra semata wayangnya, Enzo Alvero Wiyana.

"Sudah pasti (ingin punya anak ke-2). Enggak semuanya harus gue ceritain di sini, 'kan? Enzo tuh mau punya adik," katanya sambil memandangi Adriana dengan senyum yang lebar.

Dalam kesempatan itu, Augie juga meminta maaf kepada Polri dan anggota Provos Polrestro Jakarta Pusat, Brigpol Doddy Iswandono, atas perbuatannya pada gelaran Asian Para Games 2018.

"Sekali lagi, saya tidak punya niat jelek, saya justru pengin punya hubungan baik dengan Polri, jadi kita bisa melakukan hal yang baik karena jujur, saya bisa jadi contoh di masyarakat. Jangan kayak saya, belum jelas, belum tahu, tiba-tiba sudah ini (menuduh)," ungkap Augie Fantinus.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57