Pencarian populer

Anak, Alasan D'Masiv dan Is Pusakata Berkolaborasi

D'Masiv dan Iis (Foto: Munady Widjaja)

Beberapa waktu lalu, D'Masiv merilis sebuah single baru bertajuk 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi'. Berbeda dari biasanya, lagu tersebut kental akan nuansa indie folk.

Ketika ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (24/9), Rian selaku D'Masiv menceritakan kebahagiaannya bisa merilis lagu baru. Selain itu, ia merasa bangga lantaran sukses merayu Is 'Pusakata' untuk berkolaborasi.

Rian menceritakan bahwa sangat sulit mengatur jadwal agar grup musiknya dan Is bisa berkolaborasi. Namun, ada rayuan jitu yang akhirnya membuat Is tertarik berkolaborasi dengan D'Masiv.

"Jadi, aku merayunya gini, aku ceritain dulu lagu ini, aku ceritain, 'Ini tentang anak gue nih, Mas'. Jadi waktu itu, seminggu enggak pulang-pulang, anakku, Raliya, video call, 'Kapan pulang, Pa?'. Selesai video call langsung matiin handphone ambil gitar jadilah lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi'," kata Rian.

Di sisi lain, Is mengaku senang saat tahu bahwa tema utama lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi' adalah tentang kerinduan pada anak. Sebagai ayah yang kerap meninggalkan rumah untuk manggung di berbagai kota, Is merasa Rian mempu mengonversi kegelisahan hatinya di lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi'.

"Lagu saya sejak dulu selalu tentang kerinduan. Tema itu selalu jadi perasaan utama saat saya buat lagu dan pengalaman Rian itu sering saya alami juga, rindu pada anak. Akhirnya, 'Boleh deh, temanya saya suka'. Dengerin lagunya, 'Wah, cocok, yuk, kapan?'. Dan prosesnya cepat banget. Hanya semalam, jam 23.00 malam lewat sudah jadi," kata Is.

"Salah satu rekaman tercepat kita, sih. Karena selain karena dikejar deadline, kita itu susah cari waktunya. Eh, waktu pengerjaan musiknya ternyata cuma satu hari," Rian menimpali.

D'Masiv. (Foto: Munady )

Is mengungkapkan bahwa tidak ada banyak debat selama menggarap single tersebut. Malah selama proses rekaman, Is mengaku waktunya lebih banyak habis untuk makan dan ngopi bersama personel D'Masiv.

Bukan karena D'Masiv dan Is punya jam terbang yang banyak, tapi tema lagu yang membuat musik di lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi' mudah untuk dirampungkan. "Mungkin karena spirit lagunya tentang kerinduan tadi. Ketika di studio pun beneran tek-tok banget. Saling kasih saran, tapi semua cepat banget, riff gitarnya juga cepat banget, isiannya cepat banget," ungkap Is.

Rian kemudian membocorkan bahwa mulanya, Is hanya akan ditunjuk untuk berperan sebagai co-producer di lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi'. Namun, karena kagum dengan karya-karya Is bersama Payung Teduh dan Pusakata, Rian dan personel D'Masiv lain sedikit 'nakal' dan meminta Is ikut menyumbang talenta di lagu tersebut.

"Kita ngelunjak akhirnya, 'Isi layer dong, Mas'. Kata Mas Is, 'Boleh'. Akhirnya minta track gitar, 'Dengar-dengar, guru les gitar, ya? Katanya kalau isi nylon enak banget, Mas'. Kata Mas Is waku itu, 'Kalau enggak enak hapus saja'. Pas kita dengar malah jadi komposisi yang lengkap," ucap Rian.

Pusakata di LaLaLa Fest 2018. (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)

Karena perpaduan antara D'Masiv dan Is, musik di lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi' banyak mengandung unsur Pusakata. Tidak takut kehilangan identitas, Rian justru senang jika ada orang yang berkomentar seperti itu. Di sisi lain, Is pun menganggap hal tersebut lumrah dalam kolaborasi musik.

"Kerja sama dengan orang lain itu memberikan celah di mana kami tidak bisa beri warna berbeda, keluar dari identitas sebelumnya tapi tetap dengan bendera diri sendiri. Itu akan lebih melengkapi khasanah bermusik kita. Saat teman-teman D'Masiv membuka diri, akhirnya jadi bukti kekayaan tersendiri dari mereka dan saya pun berterima kasih dan bangga bisa bekerja sama dengan mereka," kata Is.

Dalam waktu dekat, video klip lagu 'Ingin Lekas Memelukmu Lagi' yang digarap oleh Erix Soekamti akan segera rampung. Rian masih punya satu harapan lain yang belum tercapai selain video klip.

"Kita kan manggung dari kota ke kota dan setiap manggung ada energi baru. Mudah-mudahan ada kesempatan kolaborasi bareng (Is 'Pusakata') di panggung," imbuhnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: