Pencarian populer

Anak Mengira Mandala Shoji Tak Pulang Karena Sedang di Pesantren

Caleg DPR dari PAN Mandala Shoji (tengah) mengikuti sidang putusan kasus pelanggaran kampanye. Foto: ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Mandala Shoji tengah menjalani hukuman penjara di Rutan Salemba setelah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena melanggar aturan pemilu. Eks calon anggota DPR RI dari PAN itu terbukti membagikan kupon umrah kepada warga saat berkampanye.

Rupanya, anak-anak Mandala tak ada yang tahu bahwa ayah mereka sedang mendekam di penjara. Maridha Deanova, istri pembawa acara televisi berusia 36 tahun tersebut, juga tak berupaya memberi tahu yang sebenarnya kepada mereka.

“Anakku yang pertama tahunya bapaknya pesantren. Dia cuma tanya, ‘Kenapa Ayah enggak pulang-pulang? Pesantren, kok, lama banget?’ Yang kedua tanya, ‘Kenapa ayah iktikaf lama banget? Apa aku nakal, Bunda, makanya Ayah enggak mau pulang?’” tutur perempuan yang akrab disapa Nova itu ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (18/2).

Berbeda dengan kedua kakaknya, anak ketiga mereka hanya kerap menanyakan keberadaan Mandala. Menurut Nova, anak ketiganya merasa kehilangan lantaran sang ayah selalu menemaninya tidur pada malam hari.

Marida Dhenova, istri Mandala Shoji. Foto: Giovanni/kumparan

“Kalau anak yang nomor empat, rewel karena dia masih enam bulan dan selalu diselawatin bapaknya tiap malam. Sekarang, enggak ada. Aku putar rekaman bapaknya selawat, dia baru bisa tidur,” ucapnya.

Nova mengaku sengaja membiarkan anak-anaknya tak mengetahui keadaan Mandala yang sesungguhnya. Sebab, suaminya sendiri yang memintanya untuk bersikap demikian.

“Kata bapaknya, ‘Enggak usah dijelaskan. Jelaskan saja, bapaknya iktikaf atau lagi berdakwah karena mereka juga belum bisa nangkep hal-hal konkret, masih di bawah tujuh tahun. Biarkan mereka berpikir bapaknya ibadah.’” ujar Nova menirukan perkataan Mandala padanya.

“Masa kita harus menyakiti perasaan anak-anak kecil? Enggak mungkin, kan?” tambah istri Mandala Shoji itu menutup perbincangan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36