Baim Atau Donnie, Siapa Mantan Vokalis ADA Band Favoritmu?
14 December 2017 14:06 WIB
0
0
Donnie Sibarani dan BaimDonnie Sibarani dan Baim (Foto:Munady Widjaja, Instagram/@baimguitar)
ADA Band bisa terbilang sebagai salah satu grup musik Tanah Air yang sukses memanjakan telinga para pecinta musik. Sebab, grup musik yang terbentuk pada tahun 1996 itu kerap mengeluarkan single-single romantis yang mampu menyentuh hati kaum hawa.
Sebagai band musik yang beraliran Rock Klasik, band ini mampu menciptakan lirik-lirik sendu yang kerap laku di pasaran. Tapi siapa sangka, band yang pernah mendapat penghargaan Platinum Award untuk album 'Discography' pada tahun 2003 ini, ternyata memiliki perjalanan yang tidak mulus. Tercatat sejak ADA Band berdiri, band ini telah gonta-ganti vokalis sebanyak dua kali.
Adalah Ibrahim Imran atau biasa disebut Baim, yang merupakan vokalis sekaligus gitaris pertama ADA Band. Sejak bergabung pada tahun 1996 hingga 2001, Baim terkenal memiliki gaya khas tersendiri yang membuat band tersebut berbeda setelah sepeninggalannya.
Pria kelahiran Hong Kong ini memulai kariernya bersama ADA Band, dan berhasil menelurkan tiga album sepanjang ia bersama band tersebut. Sebut saja album 'Seharusnya' yang dirilis pada tahun 1997, kemudian dilanjutkan dengan 'Peradaban 2000 ' pada tahun 1999, dua tahun berikutnya album 'Tiara' di tahun 2001. Kemudian ia memilih keluar di Desember 2001.
Sebagai penyanyi yang lebih cendrung ke Pop Rock Blues ini, ternyata lebih memilih bersolo karier dengan lebih menonjolkan ekspresinya dalam bermusik. Tidak butuh waktu lama, di tahun 2002, album pertamanya semenjak keluar dari ADA Band lahir dengan tajuk 'Fresh', adalah "Ajari Aku Bercinta" yang menjadi jawara di album tersebut.
Hingga pada akhirnya kekentalan Baim terhadap ADA Band lepas saat ia kembali mengeluarkan album 'Nafasku' pada tahun 2004, Baim seperti lahir kembali dengan pop balada yang ia miliki.
Terbukti, Baim yang nyaman dalam bersolo karier mendapat apresiasi dari ajang penghargaan AMI Awards 2004, sebagai Penyanyi Solo Terbaik kategori pop alternative.
Bukan musisi namanya kalau tidak memiliki segudang karya. Pada tahun 2006, album 'Terbaik Untukmu' karya Baim, kembali mewarnai blantika musik Indonesia. Walaupun status bersolo karier, namun Baim tetap menggandeng musisi papan atas lainnya untuk bekerja sama, lagu 'Sungguh Mati' ciptaan Sandy Canester, dan 'Seperti Yang Kau Mau' ciptaan Dewiq, masuk dalam album Baim berikutnya.
Hingga pada akhirnya, Baim kembali bergabung di suatu band yang diusung para musisi-musisi ternama, yakni 'The Dance Company', ia bergabung pada tahun 2009, dan memulai berkarier kembali bersama Yongki Barata, Nugie, dan Ariyo Wahab.
Hingga saat ini Baim juga bergabung di Band JabalRootz, tetapi bukan sebagai vokalis, melainkan sebagai gitaris dan penabuh drum. Walaupun musik sudah menjadi bagian hidupnya, namun Baim sempat merambah dunia akting pada tahun 2005. Debut pertamanya ia lakoni di film garapan Richard Buntario yang berjudul 'Bad Wolves', ia berkesempatan beradu akting dengan aktor kawakan lainnya seperti Indra Bekti, Sultan Djorghi dan Zack Lee.
Namun, siapa sangka di tengah kesibukannya, Baim masih mementingkan pendidikannya, tercatat ia berhasil mengantongi ijazah Magister Manajemen yang didapatnya dari Universitas Trisakti.
Berbeda dengan Donnie Sibarani, pria berdarah Batak ini mengawali kariernya bukan sebagai vokalis band ternama. Donnie yang sejak kecil dibesarkan di Surabaya ini, dulunya tidak pernah terpikir akan menjadi musisi. Menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, ia sempat menjadi penyanyi di beberapa cafe di Surabaya, itu pun bukan keinginan pribadinya, melainkan ajakan dari teman-teman kampusnya.
Mendengar ADA Band mengadakan audisi untuk mencari vokalis baru sepeninggalan Baim, Donnie mengikuti audisi tersebut, dan terpilih sebagai vokalis. Donnie resmi bergabung dengan ADA Band pada album 'Metamorphosis' yang dirilis pada tahun 2003. Album tersebut terbilang cukup sukses, setelah terjual lebih dari 300 ribu kopi.
Donnie Sibarani Ex Ada BandDonnie Sibarani Ex Ada Band (Foto:Munady Widjaja)
Keberadaan Donnie sebagai vokalis baru membawa nuansa berbeda di band tersebut. Donnie membuat ADA Band menjelma menjadi band yang romantis dengan lirik-lirik menyentuh hati. Terbukti setahun kedatangan Donnie, ADA Band berhasil masuk menjadi nomine AMI 2003, dalam 4 kategori, dan ajang penghargaan Clear Top 10 Awards 2003, dalam 3 kategori.
Tercatat, selama keberadaan Donnie di ADA Band, 11 album termasuk album kompilasi telah dihadirkan memanjakan telinga para pecinta musik Tanah Air. Seperti lagu 'Manusia Bodoh' merupakan salah satu lagu yang terdapat di album ke-6 yang bertajuk 'Heaven of Love'.
Lagu ini termasuk salah satu ciptaan Donnie selama berkarir di ADA Band. Dilanjutkan dengan lagu 'Haruskah Ku Mati' juga sempat bertahan di chart #1 versi MTV Ampuh selama tujuh minggu berturut-turut.
Sama halnya denga Baim, Donnie yang sempat istirahat sejenak dalam perkuliahaannya, dikarenakan harus fokus dengan ADA Band, akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kembali pendidikannya. Alumnus Universitas Airlannga Surabaya ini berhasil menyandang gelar Sarjana Hukum.
Hingga pada November 2017, Donnie mengikuti jejak Baim dan memutuskan untuk hengkang dari band yang sudah membesarkan namanya itu. Sebelum hengkang, pria kelahiran Surabaya itu terlebih dulu membicarakan kepada personel lainnya, ia menjelaskan alasan keluar dari grup musik yang terbentuk pada tahun 1996 tersebut.
"Jadi kami (sudah) bicarakan dengan baik-baik, karena saya bertemu dengan ADA Band juga dengan baik-baik, maka pisah pun sebetulnya lebih ke refreshing ya," ungkap Donnie di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
"Ini menjadi bentuk tanggung jawab saya ketimbang nanti saya juga jadi beban buat teman-teman saya, makanya saya mengundurkan diri," Lanjutnya.
Walaupun Manager ADA Band Dodiet, mengatakan alasan Donnie hengkang adalah untuk fokus pada bidang kerohanian yang ia geluti, namun Donnie sempat mengatakan keluarnya ia dari grup musik tersebut, bukan hanya karena pelayanan di Gereja, melainkan ingin lebih fokus mengeskplorasi musik lagi.
Pada penghujung tahun 2016, Donnie sebenarnya sudah mempersiapkan kepergiannya dari ADA Band, terbukti ia sudah merampungkan album perdana rohaninya dengan judul 'Kutinggikan DiriMu'. Dalam album tersebut Donnie membawakan 9 lagu, dimana diantaranya berisi lagu-lagu terbaru rohani.
Tentunya hak setiap orang untuk menentukan pilihannya masing-masing, demi meraih kesuksesan yang belum tercapai. Menjadi lebih nikmat terlihat bila kedua mantan vokalis tersebut, kembali berkolaborasi di atas panggung bersama ADA Band, patut dinantikan.
Jadi, di antara kedua musisi tersebut siapa vokalis favorit kamu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab redaksi. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: