kumparan
15 Mar 2019 19:10 WIB

Calum Scott Salurkan Emosi dengan Menulis Lagu

Penyanyi sekaligus penulis lagu, Calum Scott. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Calum Scott dikenal sebagai salah satu penyanyi sekaligus penulis lagu yang karya-karyanya begitu sarat akan makna dan teramat menyentuh hati. Banyak kalangan menggandrungi lagu-lagunya, mulai dari ‘You Are The Reason’ hingga ‘What I Miss Most’.
ADVERTISEMENT
kumparan berkesempatan berbincang secara langsung dengan penyanyi asal Inggris tersebut, Jumat (15/2). Meski namanya telah dikenal luas di berbagai negara, Scott tak sedikit pun menampilkan gelagat tak menyenangkan selama perbincangan.
Dengan ekspresi semringah nan ramah, ia berbagi sejumlah kisah, termasuk soal menulis lagu yang menjadi salah satu cara baginya untuk menyalurkan emosi.
“Menulis lagu adalah suatu hal yang besar bagi saya dalam menyalurkan emosi. Menulis lagu, untuk saya, seperti terapi. Saya juga menulis ketika merasa marah atau kesal. Saya selalu berusaha menulis apa yang sedang saya rasakan,” ungkap Scott ketika ditemui di kantor Universal Music Indonesia, Jakarta Pusat.
Penyanyi sekaligus penulis lagu, Calum Scott. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Melalui lagu ‘No Matter What’, misalnya, Calum Scott menuangkan segenap perasaan terkait dirinya yang sempat melalui masa sulit lantaran memiliki orientasi seksual berbeda dari kebanyakan orang. Ia mempersembahkan lagu itu untuk sang ibu yang tak sekali pun menunjukkan sikap penolakan ketika ia menemukan siapa dirinya yang sesungguhnya.
ADVERTISEMENT
“Saat itu seorang rekan memainkan piano, melantunkan nada yang indah, dan secara spontan saya ingin mendedikasikan lagu ini untuk ibu saya dan hubungan kami berdua. Saat itu saya seperti sedang menulis buku harian. Hanya bicara tentang betapa ibu mencintai saya apa adanya dan ingin saya merasa bahagia,” tuturnya.
“Lagu ini sangat organic dan natural. Di sana saya juga bicara mengenai teman-teman yang tidak siap menerima siapa saya sesungguhnya, juga ayah saya yang pada akhirnya mampu menerima,” tambah Scott.
Penyanyi sekaligus penulis lagu, Calum Scott. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Lantas, bicara tentang lagu-lagunya, mana yang paling disukai oleh lelaki berusia 30 tahun tersebut?
“Agaknya, ‘You Are The Reason’ adalah favorit saya. Saya tahu lagu itu spesial ketika saya menulisnya, tapi saya tak pernah menyangka betapa orang-orang bisa sangat menerima dan menikmatinya,” ucap penyanyi jebolan Britain's Got Talent tersebut.
ADVERTISEMENT
“Mengetahui ‘You Are The Reason’ sangat populer di Indonesia membuat saya semakin menyukai lagu itu, terlebih itu lagu yang saya tulis. Itu sangat berarti dan membuat saya bangga,” tandas Calum Scott.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan