kumparan
17 Sep 2019 18:35 WIB

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020

Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Foto: YouTube Fourcolours Films
Ajang penghargaan untuk industri perfilman Hollywood, Academy Awards atau Piala Oscar, turut mengikut sertakan beberapa film yang berasal dari berbagai negara, dalam kategori ‘Best International Feature Film’. Sebelumnya, kategori itu bernama ‘Best Foreign Language Film’.
ADVERTISEMENT
Academy Awards 2020 nantinya akan digelar di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, pada 9 Februari 2020.
Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama Komite Seleksi Film Indonesia, memilih film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ untuk bersaing di ajang penghargaan bergengsi itu.
Sebelumnya, panitia seleksi juga memiliki beberapa kandidat lain seperti film 'Ave Maryam' dan '27 Steps of May'.
Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi Film Nasional, membeberkan alasan pemilihan film karya Garin Nugroho itu, untuk diikut sertakan dalam seleksi dalam Piala Oscar 2020.
“Kami sepakat untuk memilih ‘Kucumbu Tubuh Indahku’, karena kami melihat bahwa dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap. Film itu bukan hanya bahas oral dan bahasa gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa,” ujar Christine saat ditemui di kawasan Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).
ADVERTISEMENT
Menurut wanita berumur 62 tahun ini, film tersebut bisa menggambarkan adegan percintaan, tidak seperti biasanya. Namun, dengan idiom-idiom yang ada di dalam budaya Indonesia.
Christine Hakim ditemui di pengumuman film Indonesia yang mewakili Oscar 2020. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Selain itu, adanya adegan yang memperlihatkan penari Lengger di film tersebut, bisa sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional.
“Di samping juga message-nya cukup kuat. Bicara kemunafikan universal sekali. Bahwa orang yang membuat hukum, tapi ternyata yang membuat hukum itu sendiri melakukan hal yang lebih buruk lagi,” ucap Christine.
“Dan menganggap dunia ini milik sekelompok kecil saja. Sehingga, orang-orang yang dianggap ‘tidak bermoral’ itu tidak boleh ada di tanah itu,” sambungnya.
Konferensi pers pengumuman film indonesia yang mewakili Oscar 2020. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Sebagai salah satu anggota Komite Seleksi Film Nasional, Reza Rahadian juga turut memberi tanggapan soal terpilihnya film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’, untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards 2020.
ADVERTISEMENT
Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat ini mengatakan bahwa dari 13 juri, 10 juri memilih film tersebut.
“Jadi, ya majority-nya memilih film tersebut dan saya rasa memang kita sudah lihat rekam jejak film itu di berbagai macam international film festival yang juga baik. Jadi, mudah-mudahan ini keputusan yang tepat,” pungkas Reza ditemui di lokasi yang sama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan