kumparan
24 Mei 2019 11:04 WIB

Iwan Fals hingga Titiek Puspa Serukan Pesan Perdamaian

Konferensi Pers lagu 'Indonesia Damai'. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Sejumlah musisi ikut terlibat dalam penggarapan lagu 'Indonesia Damai'. Lagu yang dirilis hari ini, Jumat (24/5) di channel YouTube Musica Studios, menjadi pesan dari sejumlah musisi untuk menghargai perbedaan dan menciptakan suasana yang aman dan damai.
ADVERTISEMENT
Musisi yang terlibat, diantaranya Vina Panduwinata, Iwan Fals, Sheryl Sheinafia, Giring Ganesha, Ubay ‘Nidji’, Regina ‘Geisha’, Momo eks ‘Geisha’, dan lainnya.
Rian D'Masiv, selaku pencipta lagu 'Indonesia Damai' mengatakan, inspirasi lagu tersebut datang saat ia bertemu Titiek Puspa. Rian melihat ada rasa empati yang begitu besar dari Titiek Puspa untuk Indonesia.
“Awalnya Rian pengin bisa kolaborasi sama eyang Titiek, terus eyang bilang, ‘ayo bikin lagu yang bisa mendamaikan semuanya’,” ujar Rian saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (23/5).
Rian D'masiv Foto: Munady
Tanpa berpikir lama, pria kelahiran Yogyakarta ini langsung menuangkan kegelisahan Titiek dengan kejadian yang menimpa Indonesia belakangan ini ke dalam lagu.
“Saat itu pas bawa gitar kebetulan, aku langsung nunjukin sedikit (musiknya). Sudah mau pulang, diminta cepat bikin lagu. Saat itu juga langsung tulis lirikya, notasinya,” ucap Rian.
ADVERTISEMENT
Lewat lagu ‘Indonesia Damai’, Rian ingin mengingatkan agar bangsa Indonesia untuk terus menghargai perbedaan dan harus saling melindungi walau memiliki perbedaan suku, agama dan ras.
Pemilik nama Rian Ekky Pradipta itu berharap, lagu 'Indonesia Damai' bermanfaat untuk banyak orang dan bisa mendinginkan suasana di Indonesia. Sebab menurutnya, sebuah lagu bisa merubah dunia dan mindset orang.
“Mudah-mudahan dengan adanya lagu ini, bisa merubah mindset orang bahwa kita ini Indonesia, kita enggak boleh lagi ada merasa kita paling hebat. Mudah-mudahan lagu ini bisa kayak judulnya, ‘Indonesia Damai’,” kata Rian.
Penyanyi Titiek Puspa Foto: Munady Widjaja
Titiek Puspa menuturkan, musisi memiliki caranya sendiri untuk bisa membuat orang-orang mencintai Tanah Air, yakni melalui musik. Ia ingin Indonesia menjadi bangsa yang bijaksana dan punya rasa nasionalisme yang dalam.
ADVERTISEMENT
“Walaupun kita tidak harus berbuat seperti orang-orang pandai itu, tapi kita punya lini sendiri, punya jalan sendiri untuk bagaimana mencintai negeri ini dengan sejujur-jujurnya,” beber Titiek.
Aksi panggung Iwan Fals saat "Konser Aku Cinta" di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta (30/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Sementara Iwan Fals yang turut hadir dalam peluncuran lagu tersebut mengatakan, sebagai penyanyi ia tentu ingin bisa terlibat dalam lagu 'Indonesia Damai'.
“Apa yang bisa saya bantu? Saya cuma penyanyi biasa, ya sudah ayo bareng-bareng nyanyi,” kata Iwan.
Vina Panduwinata menambahkan, keterlibatannya di lagu ini sebagai bentuk tanggung jawab dirinya untuk saling mengingatkan perbuatan yang baik.
“Di bulan yang suci ini, ada kejadian seperti ini (kericuhan) saya rasa kita punya rasa tanggung jawab untuk mengingatkan saudara-saudara kita untuk jangan melakukan hal ini apalagi di bulan suci, makanya kita harus melakukan sesuatu,” ujar Vina.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan