Pencarian populer

Jussie Smollett Tak Jadi Dituntut Terkait Kasus Kekerasan Rasial Palsu

Jussie Smollett. Foto: Reuters/Kamil Krzaczynski

Jussie Smollett tengah berhadapan dengan hukum. Dia diduga memberikan laporan palsu terkait penyerangannya di Chicago, AS, beberapa waktu lalu. Terakhir, Smollett diduga merancang sendiri penyerangannya dengan membayar kakak-beradik berdarah Nigeria, Olabinjo dan Abimbola Osundairo, untuk melakukan kekerasan.

Karena hal itu, Smollett ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian Chicago dan didakwa dengan 16 tuduhan kejahatan. Dia ditangkap oleh kepolisian Chicago pada 21 Februari lalu dan sempat di penjara.

Dilansir Deadline, Smollett sempat mendekam di penjara selama beberapa jam sebelum dia dipanggil untuk sesi court hearing. Saat court hearing, sejumlah bukti disertakan, yakni pesan singkat antara Smollett dan kakak-beradik Osundairo.

Jussie Smollett Foto: REUTERS/Mario Anzuoni

Dari isi pesan singkat tersebut, ketiganya saling berkomunikasi dan merencanakan penyerangan sejak bulan lalu, mulai dari menyiapkan uang untuk membeli barang-barang, membeli narkoba, merencanakan tempat untuk bertemu, dan memastikan topi bertuliskan 'Make America Great Again' digunakan saat penyerangan.

Asisten Jaksa Wilayah untuk Kantor Kejaksaan Cook County, Ressa Lanier, menambahkan secara terpisah, rencana awalnya, Smollett meminta untuk diguyur bensin, bukan pemutih seperti yang sudah terjadi. Penyerangan tersebut juga tadinya hendak dilakukan pada 28 Januari lalu. Tapi, karena pesawat yang ditumpangi Smollett dari New York ke Chicago mengalami delay, penyeragan terpaksa dilakukan keesokan harinya.

Namun, kabar mengejutkan datang baru-baru ini terkait kasus bintang serial 'Empire' tersebut. Dilansir Vulture, Kantor Kejaksaan Cook County memutuskan untuk membebaskan Smollett dari segala dakwaan hukum. Dalam kata lain, Smollett ditetapkan tidak bersalah atas apa yang terjadi selama.

Jussie Smollett berjalan keluar dari Cook County Department Correction setelah mendapat jaminan di Chicago, Illinois, AS. Foto: REUTERS/Joshua Lott

Hal ini tentu membingungkan, mengingat sejumlah bukti yang diberikan kepolisian Chicago tak terbantahkan lagi. Namun, Jaksa Wilayah dari Kantor Kejaksaan Cook County mengatakan bahwa keputusan tersebut dibuat setelah meninjau semua fakta sehubungan dengan perampasan Smollett atas obligasi senilai USD 10 ribu atau Rp 140 juta miliknya.

Sebelumnya, pemain film 'Alien: Covenant' ini diminta untuk membayar jaminan sebesar USD 100 ribu atau Rp 1,4 miliar saat ditetapkan sebagai tersangka. Dia juga diminta untuk lebih dulu memberikan USD 10 ribu atau Rp 140 juta sebagai 10 persen dari total uang jaminannya.

Biasanya, ketika dakwaan dijatuhkan, uang jaminan dikembalikan pada terdakwa. Dalam kasus ini, Smollett setuju untuk memberikan jaminan yang ia bayarkan pada Chicago.

"Setelah meninjau semua fakta dan keadaan dari kasus ini, termasuk layanan sukarela Tuan Smollett pada masyarakat, dan perjanjian untuk kehilangan ikatannya dengan Kota Chicago, kami percaya hasil ini adalah disposisi yang adil dan resolusi yang tepat untuk kasus ini," bunyi pernyataan dari Kantor Kejaksaan Cook County.

Meski demikian, pihak Kantor Kejaksaan Cook County tidak menjelaskan lebih detail terkait barang bukti kasus Jussie Smollett yang telah diberikan kepolisian Chicago.

Jussie Smollett. Foto: Reuters/Kamil Krzaczynski

Dilansir TMZ, Kepolisian Chicago marah saat mendengar Smollett dibebaskan dari segala tuduhan.

"Apakah keadilan telah dilayani dengan baik? Tidak," kata Inspektur Polisi bernama Johnson di konferensi pers yang digelar oleh Kepolisian Chicago di hari Smollett dibebaskan, yakni Selasa (26/3) waktu AS.

Dalam konferensi pers yang sama, Walikota Chicago, Rahm Emanuel, juga menyerukan pendapatnya untuk membatalkan pembebasan Smollet. Dia juga menduga Jaksa Wilayah memperlakukan Smollett berbeda dari tersangka lain karena dia adalah seorang artis.

Selain itu, dugaan bahwa Smollett menyuap Jaksa Wilayah juga muncul. Johnson mengatakan bahwa pengacara aktor berumur 36 tahun itu diduga membuat kesepakatan untuk menghindari sistem peradilan.

"Tidak ada yang berubah selain fakta bahwa orang ini (Jussie Smollett) entah bagaimana, pergi ke kantor pengacara negara bagian dan mereka membuat kesepakatan 'pintu belakang'," kata Mantan Komisaris Polisi Philadelphia Charles Ramsey yang setuju dengan Johnson di tempat yang sama.

Seorang anggota keluarga Jussie Smollett meninggalkan Gedung Pengadilan Kriminal Leighton setelah sidang obligasi Jussie Smollett di Chicago. Foto: REUTERS/Joshua Lott

Saat ini, Smollett diduga akan kembali membintangi 'Empire' sebagai Jamal Lyon, salah satu karakter vital serial tersebut. Chris Alexander, juru bicara 20th Century Fox Television dan Fox Network yang memproduksi 'Empire', mengatakan bahwa pihaknya bersyukur Smollett bebas dari seluruh tuduhan hukum.

"Jussie Smollett selalu mempertahankan kepolosannya dan kami bersyukur bahwa semua tuduhan terhadap dirinya telah dihentikan," ucapnya melalui keterangan tertulis seperti dikutip Vulture.

Pihak Jussie Smollett juga dikatakan berpotensi untuk menggugat balik kepolisian Chicago atas dugaan bukti palsu. Namun, pihak Smollett belum memberikan keterangan lebih lanjut soal itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33