kumparan
22 Agu 2019 13:46 WIB

Kemkominfo Akan Tutup Konten Duo Semangka Jika Terlalu Vulgar

Duo semangka saat ditemui di Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (21/8). Foto: Alfadillah/kumparan
Menkominfo Rudiantara merespons viralnya dua personel dangdut Duo Semangka yakni Clara Gopa dan Vhanya Kiara. Keduanya sempat menuai kontroversi lantaran kontennya yang dianggap vulgar.
ADVERTISEMENT
Rudiantara mengaku belum mengetahui terkait konten tersebut. Namun ia mengatakan, jika ada konten berbau vulgar, pihaknya tak menutup kemungkinan akan melakukan penghapusan terhadap konten tersebut.
"Kominfo itu sebetulnya mendahulukan pendekatan pembinaan. Kecuali obvious, kalau obvious sudah keterlaluan dan jelas melanggar undang-undang, ya sudahlah kita take down," kata Rudiantara di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).
Duo Semangka. Foto: Instagram/@claragopaduosemangkareal69
Rudiantara mengatakan, sebelum melakukan penutupan pihaknya akan lebih dulu melakukan pembinaan. Kecuali jika konten yang dimuat tersebut sudah jelas-jelas mengandung unsur yang memenuhi konten pornografi.
"Pembinaan saja, kita undang. Sebaiknya jangan di sini, reputasi anda enggak bagus, kita pendekatannya seperti itu. Kecuali obvious (terlihat jelas) ya, kalau obvious ya udah, enggak usah dipanggillah," jelasnya.
Duo Semangka yang beranggotakan Clara Gopa dan Variola May punya lagu berjudul ‘Mantul Mantul’, seirama dengan model goyangan mereka yang menonjolkan bagian tubuh tertentu.
ADVERTISEMENT
Penampilan mereka banyak diprotes, terutama oleh orang tua yang khawatir anaknya terpapar lewat internet. Hari ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sudah memanggil Duo Semangka untuk dimintai keterangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan