Pencarian populer

Ketegaran Dorce Gamalama Hadapi Penyakit Diabetes dan Batu Ginjal

Dorce. Foto: Munady Widjaja

Bulan Ramadan kali ini terasa spesial bagi Dorce Gamalama. Penyanyi berusia 56 tahun tersebut mengaku banyak melakukan kegiatan positif untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Mulai dari kegiatan menyantuni anak yatim, buka puasa bersama, undangan menjadi bintang tamu di sejumlah acara TV, salat tarawih, tadarus Alquran, hingga salat tahajud dilakukannya semata-mata untuk meraih rida dari Allah SWT.

Dorce menganggap semua yang didapatkan saat ini merupakan nikmat tak terkira dari Yang Maha Kuasa, termasuk kondisi kesehatannya saat ini.

"Alhamdulillah Allah masih kasih nikmat makan, nikmat tidur, nikmat minum. Alhamdulillah enggak ada masalah. Cuma ada ini dikit, batu ginjal aja. Batunya mesti diangkat. Ditembak kan enggak bisa, jadi mesti diangkat. Insyaallah lah habis lebaran aja deh," kata Dorce Gamalama menjelaskan kondisi kesehatannya, saat dihubungi via telepon, baru-baru ini.

Dorce menjelaskan sudah dua bulan belakangan menderita penyakit batu ginjal. Sejumlah upaya untuk menyembuhkan penyakitnya juga telah dilakukan dengan cara mengonsumsi obat-obatan tradisional juga konsultasi ke dokter.

"Parah sih enggak. Waktu di USG batunya tuh masih kecil-kecil gitu. Cuma saya enggak boleh makan santan, enggak boleh makan yang berlemak. Tapi alhamdulillah sih masih produktif. Alhamdulillah masih kuat. Kemarin waktu launching album juga alhamdulillah masih banyak teman-teman yang datang gitu," ujarnya.

Dorce. Foto: Munady Widjaja

Dorce mengaku dirinya mengetahui menderita penyakit batu ginjal saat mengeluhkan rasa sakit di badannya sebelah kanan, seperti sakit usus buntu. "Pas diperiksa ternyata batu ginjal. Kecil gitu kayak pasir cuma warna putih gitu," imbuhnya.

Selain menderita penyakit batu ginjal, presenter program 'Dorce Show' ini juga mengaku menderita penyakit gula. Faktor makanan diduga menjadi penyebab dirinya terkena penyakit tersebut.

"Tadinya 'kan saya rakus tuh, apa saja dimakan. Nah, karena sekarang ada penyakit ... Sebenarnya itu sudah turunan ya, dari ibu saya, nenek saya juga dapat (gula). Malah ibu saya meninggalnya umur 40," kata Dorce.

"Gula itu bukan hanya orang tua kok, anak muda, anak kecil saja ada kok (yang kena penyakit) gula, bayangin coba. Dari makanan juga," ungkapnya menjelaskan.

Dorce menuturkan ciri-ciri seseorang yang menderita penyakit gula biasanya mudah mengantuk, gampang capek, dan sering bolak-balik buang air kecil.

Meski menderita sejumlah penyakit, Dorce yang lahir di Solok, Sumatera Barat mengaku tetap optimis dan terus berprasangka baik agar penyakit yang dialaminya segera terangkat.

Dorce. Foto: Munady Widjaja

"Memang (orang yang kena) gula itu 'kan dia enggak boleh drop. Kalau dia drop, dia bisa ... Kalau kurang gula dia turun, kalau naik gula dia naik. Makanya harus tetap pakai gula, cuma gulanya yang manisnya dari alami. Kalau enggak, pakai gula jagung, kayak gitu," tutur Dorce menyiasati konsumsi gula.

Dorce sadar pola makan buruk pada masa lalu menimbulkan efek yang tidak sehat bagi tubuhnya. Maka dari itu, untuk saat ini dirinya benar-benar menjaga pola makan dan juga menjaga pola tidur.

Salah satu cara menjaga pola makan yang dilakukan oleh Dorce yakni mengurangi konsumsi daging, hingga lemak. Dorce menambahkan saat masih berumur 40 tahun, dirinya mampu mengonsumsi daging 1 kilogram dalam sekali makan.

"Dulu 'kan sudah rakus nih, sekarang jangan rakus lagi. Alhamdulillah sekarang aku lebih banyak makan sayuran, kayak sayuran bening misalnya bayam. Bayam pakai jagung, atau sawi putih atau baby kailan. Sayur yang penting," tutup Dorce.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23