Pencarian populer

Ketika Matt Damon Datangi Koperasi di Tanjung Barat

Matt Damon di Indonesia (Foto: Dok: Ajeng Ayuningtyas)

Aktor Hollywood, Matt Damon, menyambangi Jakarta. Aktor utama film 'The Martian' itu datang ke Indonesia dalam kapasitasnya sebagai co-founder water.org, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih.

Di Jakarta, dia datang ke Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), sebuah lembaga keuangan mikro di bilangan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/7). Kordinator program Komida, Faris, menyebut kedatangan Damon ke kantornya sangat dadakan dan terjadi begitu cepat.

"Saya juga baru tahu kalau dia yang datang. Saya sadarnya pas ketemu sama dia. Awalnya juga enggak ada yang tahu," ujar Faris kepada kumparan, Selasa (3/7).

Matt Damon di Indonesia (Foto: Dok: Ajeng Ayuningtyas)

"Sebenarnya water.org sudah di Indonesia. Dia kerja sama dengan beberapa lembaga. Salah satunya Komida. Ya dia kunjungan ke Indonesia, datang ke Komida sekalian," jelasnya.

Faris menjelaskan, kedatangan Damon di kantornya tak lama. Hanya sekitar 1,5 jam saja. Setelah itu dia pulang dengan dengan menggunakan jet pribadinya. "Datang pagi sekitar jam 9.00 WIB, pulang sekitar jam 10:30 WIB. Sebentar," imbuhnya.

Matt Damon (Foto: AFP/Geoff Robins)

Dikutip dari situs water org, organisasi bentukan Damon tersebut menancapkan diri di Jakarta sejak 2014 lalu. Saat ini water.org telah bekerja sama dengan 14 lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia.

Organisasi nirlaba tersebut berbasis komunitas dan memiliki misi untuk menyediakan layanan air dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan. Cita-cita terbesar Damon adalah meningkatkan akses air bersih ke seluruh masyarakat miskin dunia.

Berdasarkan data yang dimiliki water.org, terdapat 27 juta warga Indonesia yang kesulitan mengakses air bersih. Tidak hanya itu, water.org juga mencatat ada 54 juta orang yang kesulitan mengakses layanan sanitasi yang layak. Hingga saat ini, water.org telah berhasil membantu 356 ribu orang untuk mengakses air bersih.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36