kumparan
27 Des 2018 17:21 WIB

Kilas Balik Band Element yang Kini Kembali Reuni

Band Element (Foto: Giovanni/kumparan)
Usai tsunami yang terjadi di kawasan Selat Sunda, pada Sabtu (22/12) kemarin, ada dua band yang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Mereka adalah Seventeen dan Element.
ADVERTISEMENT
Hampir seluruh personel Seventeen tewas akibat tsunami itu, dan hanya menyisakan sang vokalis, Riefian Fajarsyah atau Ifan. Sementara, Element, yang seharusnya mengisi acara gathering karyawan PLN di Pantai Tanjung Lesung, Banten, akhirnya digantikan oleh Seventeen.
Namun jauh sebelum kejadian tersebut, Element sudah cukup dikenal masyarakat khususnya para pecinta musik. Band tersebut sudah muncul di Industri musik sejak 4 Februari 1999 di Jakarta.
Pada awal terbentuk, Element terdiri atas tujuh orang personel. Di antaranya, Didi Riyadi (drum), Ibank (bass), Fajar (keyboard), Arya (gitar), Adhit (Gitar), Ronny Setiawan (vokal), dan Lucky Widjatmoko (vokal).
Band ini dikenal karena lagu-lagunya yang romantis. Lewat single perdana mereka 'Hanyalah Cinta', mereka mampu meluluhkan hati wanita di masa itu.
ADVERTISEMENT
Namun, pada tahun 2000, Ronny yang kini telah meninggal dunia itu memilih untuk mengundurkan diri dari Element. Sebagai gantinya, Ferdy Taher masuk menjadi vokalis setelah melalui proses audisi.
Enam tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2006 Lucky mengundurkan diri sebagai vokalis, dan memilih untuk bersolo karier. Tak sampai di situ, pada 2012, Element kembali ditinggalkan Adhit sang gitaris yang memilih untuk berpisah dengan Element dan fokus pada project lainnya.
Sempat vakum beberapa lama, di pertengahan 2018 Element memutuskan untuk kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air. Namun, Ibank sang bassist tiba-tiba memutuskan untuk keluar beberapa jam sebelum single terbaru mereka dirilis.
Alhasil, mereka harus menunda peluncuran single terbaru. Ketika itu, Didi menyatakan bahwa Ibank tak lagi jadi bagian di Element.
Element band (Foto: Instagram/@elementreunion)
Saat ini, Element kembali hadir di industri musik dengan nama Element Reunion. Adhit dan Lucky bahkan kembali bereuni dengan rekannya di band itu. Mereka juga sudah mulai keliling ke sejumlah daerah untuk tampil bersama. Saat acara Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2018, mereka menjadi salah satu pengisi acara di sana.
ADVERTISEMENT
Selama kurang lebih 19 tahun berkarier di industri musik, band Element telah melahirkan sekitar tujuh album. Di antaranya 'Hanyalah Cinta' (2000), 'Kupersembahkan Nirwana' (2001), 'Paradoks' (2002), 'Dialog' (2004), 'Resonansi' (2005), 'Neo Resonansi' (2006), 'Terang' (2008), hingga 'Save the Best For Last' (2014).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan