kumparan
27 Agu 2019 9:53 WIB

LSM Leonardo DiCaprio Sumbang Rp 71 M untuk Kebakaran Hutan Amazon

Produser eksekutif Leonardo DiCaprio menghadiri pemutaran National Geographic's Channel 'Before The Flood' di Bing Theatre Di LACMA pada 24 Oktober 2016 di Los Angeles. Foto: Getty Images/Mike Windle
Kebakaran yang melanda hutan Amazon di Brasil telah mencapai rekor terparah sejak 2013. Menurut Pusat Penelitian Luar Angkasa Brasil (Instituto Nacional de Pesquisas Espaciais/INPE), pada tahun 2019 ini, tercatat ada 72.843 kejadian terbakarnya lahan di area hutan Amazon.
ADVERTISEMENT
Jumlah tersebut 80 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kebakaran yang terjadi sepanjang 2018. Sebagaian besar kebakaran di area hutan Amazon ini diduga akibat ulah manusia.
Asap mengepul saat kebakaran di area hutan hujan Amazon dekat Porto Velho, Negara Bagian Rondonia, Brasil. Foto: REUTERS/Ueslei Marcelino
Beberapa figur publik banyak yang prihatin akan kejadian nahas tersebut. Salah satunya adalah aktor Leonardo DiCaprio. Maka dari itu, DiCaprio dan organisasi lingkungannya, Earth Alliance, menyumbang USD 5 juta atau Rp 71 miliar sebagai bentuk bantuan kepada korban kebakaran di Amazon.
Dilansir BBC, Earth Alliance akan memberikan uang tersebut pada komunitas-komunitas lokal seperti Instituto Associacao Floresta Protegida (Kayapo), Coordination of the Indigenous Organizations of the Brazilian Amazon (COIAB), Instituto Kabu (Kayapo), Instituto Raoni (Kayapo), dan Instituto Socioambiental (ISA), serta masyarakat di kawasan tersebut. Organisasi tersebut juga akan menurunkan sejumlah relawan untuk memberikan bantuan.
Aktor Leonardo DiCaprio. Foto: Leonardo DiCaprio/Instagram
"Penghancuran hutan hujan Amazon melepaskan karbon dioksida ke atmosfer dengan cepat, menghancurkan ekosistem yang menyerap jutaan ton emisi karbon setiap tahun dan meruupakan salah satu pertahanan terbaik planet ini terhadap krisis iklim," jelas pernyataan di website resmi Earth Alliance.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, DiCaprio sudah lebih dulu mengungkapkan perasaannya terhadap kebakaran hutan Amazon melalui sejumlah postingan di akun Instagram-nya.
Loading Instagram...
Loading Instagram...
Earth Alliance dibentuk oleh Leonardo DiCaprio dan beberapa orang lainnya pada Juli lalu. Organisasi tersebut bergerak untuk membantu melindungi satwa liar, kebajikan iklim, dan mengamankan hak-hak istiadat masyarakat tertentu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan