kumparan
13 Nov 2018 18:28 WIB

Membandingkan Dua Aktor Hot, Robert Downey Jr. dan Johnny Depp

Robert Downey Junior dan Johnny Depp (Foto: Instagram @robertdowneyjr/@johnnydeppofficial)
Robert Downey Jr. dan Johnny Depp adalah aktor Hollywood sudah kepala lima namun masih terus eksis di era milenial. Keduanya memiliki banyak persamaan dalam hidup dan juga beberapa perbedaan.
ADVERTISEMENT
Satu yang pasti, keduanya memerankan dua tokoh ikonik, yaitu Tony Stark sang Iron Man dan Jack Sparrow si bajak laut aneh. Berikut perbandingan mereka dari segi karier.
1. Awal karier
Robet Downey dalam film Sherlock Holmes. (Foto: Dok. Warner Bros. Pictures)
Downey memulai kariernya sebagai pemain teater pada 1983. Dua tahun berselang, Downey sempat menjadi pelawak di acara Saturday Night Live.
Kala itu, kemampuan lawak Downey di Satudray Night Live dinilai sangat jelek oleh kritikus. Selain Downey, para pelawak lain di Saturday Night Live juga kurang laku. Dia dan semua rekan pelawaknya pun dipecat.
Selain menjadi pelawak, Downey juga kerap bermain di film-film drama, termasuk ‘Tuff Turf’, ‘Weird Science’, dan ‘Pretty in Pink’. Namun, dia baru terkenal lewat perannya sebagai Julian Wells di film 'Less Than Zero' (1987).
ADVERTISEMENT
Di awal karier Downey, perannya sebagai Charlie Chaplin di film ‘Chaplin’ (1992), sangatlah penting. Berkat film itu, dia memperoleh nominasi ‘Best Actor’ di Academy Awards 1992.
Johnny Depp (Foto: IG @johnnydeppofficial)
Depp pertama kali terkenal berkat perannya di film horor berjudul ‘A Nightmare on Elm Street’ (1984). Dua tahun berselang, Depp memainkan peran kecil di film ‘Platoon’ (1986) karya Oliver Stone.
Di akhir era '80-an, nama Depp jadi sangat populer di kalangan remaja lantaran sukses berperan di serial televisi ‘21 Jump Street’ (1987). Bahkan, di film remake ‘21 Jump Street’, Depp sempat menjadi cameo yang konyol.
Memasuki era '90-an, Depp berkenalan dengan Tim Burton berkat film ‘Edward Scissorhands’. Pada 1994, Depp mendapatkan nominasi pertamanya di Golden Globes Awards 1996 untuk katogori ‘Award for Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy’.
ADVERTISEMENT
Selain dua film tersebut, Depp sempat beradu peran dengan Leonardo DiCaprio muda di film ‘What's Eating Gilbert Grape’. Karena film itu pula, Depp kian dikenal sebagai aktor yang mampu bermain di film berbagai genre, mulai dari komedi, horor, hingga drama.
2. Puncak ketenaran
Robert Downey Jr. (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)
Downey sempat mengalami keterpurukan karena kecanduan narkoba di era '90-an. Memasuki era 2000-an awal, dia mulai mengubah cara hidupnya dan mendulang kesuksesan berkat beberapa film, seperti ‘Kiss Kiss Bang Bang’ dan ‘The Singing Detective’.
Meski kerap memperoleh kesuksesan, Downey baru bermain di film blockbuster pada 2008. Film itu berjudul ‘Iron Man’ yang hingga saat ini masih jadi tokoh penting di film-film Marvel Cinematic Universe (MCU).
Iron Man (Foto: Facebook @ironman)
Selain ‘Iron Man’, film blockbuster lain yang Downey mainkan adalah ‘Tropic Thunder’ pada 2008. Memerankan karakter bernama Lazarus membuat Downey mendapat nominasi di Academy Awards untuk kategori ‘Best Supporting Actor’.
ADVERTISEMENT
Downey juga terkenal berkat perannya di film ‘Sherlock Holmes’. Dalam film tersebut, Downey seolah menunjukkan bahwa ia juga mampu bermain di film-film berlatarkan Inggris kuno.
Jika Downey dikenal sebagai pemain film ‘Iron Man’, Depp terkenal berkat perannya sebagai Jack Sparrow di film ‘Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl’. Berkat film tersebut, Depp mendapat nominasi di Academy Award untuk kategori ‘Best Actor’. Dia kembali bermain dalam film-film ‘Pirates of the Caribbean’ lainnya, seperti 'Dead Man's Chest' (2006), 'At World's End' (2007), dan 'Dead Men Tell No Tales' (2017).
Jack Sparrow (Foto: Facebook @CaptainJackSparrow)
Selain ‘Pirates of the Caribbean’, Depp juga tenar berkat film 'Sleepy Hollow', 'Once Upon a Time in Mexico', 'Chocolate', 'The Rum Diary', 'Dark Shadows', 'Alice Through the Looking Glass', 'The Lone' Ranger, ‘Finding Neverland’ serta ‘Charlie and the Chocolate Factory’. Berperan sebagai Willy Wonka, Depp diganjar nominasi Golden Globe Awards 2005 untuk kategori ‘Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy’.
ADVERTISEMENT
Dalam waktu dekat, film terbarunya, 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald' akan tayang di bioskop. Dia berperan sebagai tokoh antagonis Gellert Grindelwald di film tersebut.
3. Kasus hukum
Robert Downey Jr (Foto: Wikimedia Commons)
Sejak 1996 hingga 2001, Downey sering kali tertangkap polisi karena kasus narkoba, mulai dari kokain, heroin, juga marijuana.
Semua bemula dari penangkapan Downey karena kepemilikan heroin dan kokain pada April 1996. Selain itu, Downey juga ditangkap karena mengebut di kawasan California, Amerika Serikat, sambil membawa pistol.
Kasus hukum tersebut membuat Downey harus mendekam dipenjara selama enam bulan. Pada 1999, Downey kembali ditahan karena terbukti masih mengonsumsi narkoba. Ia pun kehilangan pekerjaannya sebagai pengisi suara karakter Devil di serial animasi ‘God, the Devil and Bob’.
ADVERTISEMENT
Untung saja proses rehabilitasi bisa membuat Downey sembuh dari ketergantungan narkoba. Sejak 2001, ia menata kembali hidupnya hingga menjadi salah satu bagian dari MCU hingga saat ini.
Johnny Depp (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)
Depp juga pernah terkena kasus hukum karena terbukti menganiaya mantan istrinya, Amber Heard, pada 2016. Nyatanya, Depp memang kerap kali bertingkah diluar kendali karena ketergantungannya pada alkohol.
Depp memang tidak pernah terlibat masalah hukum karena narkoba seperti Downey. Namun, jelas masalah hukum yang menjeratnya juga disebabkan oleh ketergantungan alkohol.
4. Karier saat ini
Robert Downey Jr (Foto: Reuters/Stefan Wermuth)
Downey hingga saat ini masih dipercaya untuk memerankan tokoh Tony Stark sang Iron Man. Bahkan, di usia 50 tahun, Downey tetap bisa memikat banyak pecinta film superhero era milenial.
ADVERTISEMENT
Rencananya, Downey akan jadi bagian penting di film sequel ‘Avengers: Infinity War’ yang tayang tahun depan. Selain itu, Downey juga dipercaya untuk bermain di film ‘All Star Weekend’ bersama Jamie Foxx dan Gerard Butler di tahun 2019.
Johnny Depp. (Foto: CHRIS DELMAS / AFP)
Selain film ‘Pirates of the Caribbean’, kini Depp juga terkenal berkat perannya sebagai Grindelwald di serial film ‘Fantastic Beast’. Grindelwald sendiri merupakan salah satu tokoh antagonis yang sempat disebutkan di serial film ‘Harry Potter’.
Cara Depp memerankan Grindelwald muda dinilai baik oleh para penggemar serial ‘Harry Potter’ dan kritikus film. Ia bahkan rela untuk mewarnai putih rambutnya demi peran tersebut.
Jadi, kamu lebih suka Iron Man atau Captain Jack Sparrow?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan