kumparan
11 Feb 2019 17:03 WIB

Mengenal Kacey Musgraves, Peraih 'Album Terbaik' di Grammy Awards 2019

Kacey Musgraves Foto: REUTERS/Mike Blake
Perhelatan ajang penghargaan musik bergengsi Grammy Awards ke-61 telah selesai digelar. Acara yang dilaksanakan di Staples Center, Amerika Serikat, Senin (11/2) pagi WIB tersebut menghadirkan banyak kejutan di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Mulai dari kehadiran Michelle Obama yang menyampaikan speech bersama beberapa artis perempuan lainnya, kemenangan Childish Gambino di 4 kategori berbeda lewat lagu 'This is America', hingga terpilihnya Kacey Musgraves sebagai pemenang 'Album of the Year'.
Kacey Musgraves menerima penghargaan Grammy Awards 2019, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Foto: REUTERS/Mike Blake
Mungkin tak ada yang menyangka jika Kacey Musgraves akan memenangkan salah satu nominasi bergengsi di ajang Grammy Awards 2019 tersebut. Mengingat ia berhadapan dengan sederet musisi ternama lain di kategori 'Album Terbaik'.
Beberapa musisi lain yang menjadi nominator dalam kategori itu antara lain adalah Brandi Carlile, Drake, H.E.R, Post Malone, Janelle Monáe, dan juga Cardi B.
Lantas, siapakah Kacey Musgraves dan mengapa dia berhasil memenangkan 'Album of the Year' Grammy Awards 2019? Simak ulasannya berikut ini.
ADVERTISEMENT
Kacey Musgraves merupakan seorang penyanyi country dan penulis lagu asal Amerika Serikat. Kariernya di industri hiburan sudah mulai sejak tahun 2006.
Ia baru merilis album studio pertamanya yang bertajuk 'Same Trailer Different Park' pada tahun 2013. Beberapa lagunya yang terkenal di album itu adalah 'Merry Go Round', 'Blowin' Smoke', dan 'Follow You Arrow'.
Lewat album debutnya tersebut, penyanyi yang kini berusia 30 tahun itu langsung memenangkan beberapa penghargaan sekaligus. Salah satunya adalah 'Best Country Song' dan 'Best Country Album' di ajang Grammy Awards 2014 dan 2016.
Kacey Musgraves tampil di Grammy Awards, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Foto: REUTERS/Mike Blake
Setelah 'Same Trailer Different Park', Kacey Musgraves menelurkan beberapa karyanya yang lain, yaitu 'Pageant Material' (2015), 'A Very Kacey Christmas' (2016), dan yang terbaru 'Golden Hour' (2018).
ADVERTISEMENT
'Golden Hour' mengantarkan Kacey Musgraves masuk ke dalam 4 kategori di ajang Grammy Awards 2019. Antara lain adalah 'Best Country Song', 'Best Country Album', 'Best Country Solo Performance', dan 'Album of the Year'.
Masuknya album 'Golden Hour' milik Kacey Musgraves dalam nominasi 'Album of the Year' di Grammy Awards 2019, seolah menjadi bukti jika musik country belum mati.
Kacey Musgraves di Grammy Awards 2019 Foto: REUTERS/Mario Anzuoni
Awalnya, kehadirannya di daftar nominasi 'Album of the Year' sempat diragukan. Segelintir orang menduga kalau Kacey Musgraves seakan dipaksakan masuk sebagai nominator di kategori itu demi memenuhi penambahan tiga kuota nominator yang belum terpenuhi.
Namun, ia justru bisa membuktikan kalau kehadirannya di Grammy Awards 2019 bukan sekadar 'pemanis' belaka. Dari 4 nominasi yang didapatnya, Kacey Musgraves berhasil memenenangkan semua penghargan di kategori tersebut.
ADVERTISEMENT
Kacey Musgraves menjadi musisi wanita yang memenangkan penghargaan Grammy Awards terbanyak tahun ini. Sementara untuk musisi laki-lakinya dipegang oleh Childish Gambino yang juga memenangkan 4 nominasi.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan