kumparan
5 Nov 2018 16:57 WIB

Menyandingkan Diva Era 90-an, Titi DJ dan Reza Artamevia

Penyanyi Reza Artamevia dan Titi DJ. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial dan @ti2dj. Infografik: Putri Sarah Arifira.)
Titi DJ dan Reza Artamevia adalah dua penyanyi yang tenar di era 90-an. Nama keduanya sempat meredup, sebelum akhirnya kembali populer di era milenial.
ADVERTISEMENT
kumparan ingin menyandingkan Titi DJ dan Reza Artamevia dari berbagai aspek. Ternyata, keduanya pernah menjalin hubungan dengan pria yang sama.
1. Karier
Kiprah Titi di industri musik dimulai saat ia memenangkan juara ketiga dan juara berpenampilan terbaik di Lomba Bintang Radio & Televisi pada 1983. Namun, karier Titi tersendat lantaran ia belum memiliki studio album dan tak ada acara televisi yang mau memakai jasanya.
Titi sempat ditawari rekaman oleh JK Record yang di era 80-an, sering memproduseri musisi-musisi pop melayu. Namun, karena musik Titi banyak terinspirasi dari musisi pop progresif, seperti Addie MS, Chrisye, dan Guruh Soekarnoputra, ia pun gagal mencapai kesepakatan.
Tak hilang akal, Titi lantas mencoba peruntungan di industri seni peran melalui film pertamanya ‘Gepeng Bayar Kontan’ (1983) dan dunia modelling melalui kontes Miss World 1983 di London, Inggris. Meski peran di film tidak teralu besar dan Titi juga gagal memenangkan Miss World 1983, namanya kian melambung di jagat hiburan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pada 1984, Jackson Records memberi kesempatan Titi untuk merampungkan album pertama yang bertajuk ‘Imajinasi’. Karya-karya Titi di album tersebut sangatlah bagus. Meski tidak terjual banyak dipasaran, Jackson Records mau untuk membantu Titi membuat album kedua bertajuk ‘Yang Pertama Yang Bahagia’ (1985).
Dalam pembuatan album itu, Titi berkenalan dengan Indra Lesmana yang lantas menjadi kekasihnya saat itu. Bersama Indra, Titi menelurkan dua album, ‘Ekspresi’ (1988) dan ‘Titi DJ 1989’ (1989). Kesuksesan Titi kala itu diwarnai gosip-gosip miring yang kurang mengenakkan karena banyak orang menganggap ia hanya sukses berkat bantuan Indra.
Oleh sebab itu, banyak orang meragukan kualitas Titi ketika putus dari Indra pada 1991. Pada 1995, Titi pun dinikahi oleh Bucek Depp dan kariernya sempat merosot drastis.
ADVERTISEMENT
Pada 1997, Titi mengalami pergolakan ekonomi yang cukup parah dan kala itu, ia bercerai dari Bucek. Sempat berutang ke salah satu sahabatnya, Chintami Atmanegara, untuk membayar uang muka rumah, Titi bangkit dan merilis album ‘Bahasa Kalbu’ (1999).
Penyanyi Indonesia, Titi DJ. (Foto: Munady)
Karena album itu, Titi sukses meraih 5 penghargaan dari 6 kategori yang dinominasikan dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 1999. Titi meraih ‘Album Terbaik Kategori Umum’ dan ‘Kategori Pop’, ‘Lagu Terbaik Kategori Umum’, ‘Penyanyi Wanita Terbaik Kategori Pop dan Kategori Umum’.
Album tersebut juga membawa nama Titi melegenda hingga kini. Karena kejeniusannya, Erwin Gutawa mendaulatnya sebagai salah satu personel 3 Diva bersama Krisdayanti dan Ruth Sahanaya. Titi juga berkali-kali menjadi juri di ajang pencarian bakat Indonesia Idol dan The Voice Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sementara perjalanan karier Reza Artamevia di dunia tarik suara, dimulai ketika ia menjuarai Lomba Lagu Anak-anak TVRI pada 1985. Namun, secara profesional Reza baru terkenal sejak diajak Ahmad Dhani menjadi penyanyi latar di Dewa 19.
Pada 1997, Dhani membantu Reza merampungkan album pertama ‘Keajaiban’. Berkat berbagai single, seperti ‘Pertama’, ‘Satu Yang Tak Bisa Lepas’, dan ‘Dia’, album ‘Keajaiban’ laku terjual hingga 100.000 copy.
Pada 2000, Reza menelurkan album kedua yang bertajuk ‘Keabadian’. Dalam album tersebut terdapat sebuah lagu bertajuk ‘Biar Menjadi Kenangan’ yang dinyanyikan bersama penyanyi asal Jepang, yakni Masaki Ueda.
Lagu ‘Biar Menjadi Kenangan’ menjadi satu fenomena di industri musik dunia dan dibuat dalam dua versi lain, ‘Forever Peace’ versi Jepang dan ‘The Last Kiss’ versi Inggris.
ADVERTISEMENT
Selain single tersebut, ada pula single ‘Keabadian’ yang diterjemahkan dalam versi Inggris dan Jepang dengan judul ‘Amazing’ oleh Asian Music Standard Tokyo.
Di album ketiga, Reza berjuang sendiri tanpa bantuan Dhani yang kala itu sedang sibuk mengurusi Dewa 19 usai ditinggal oleh Ari Lasso. Pada 2002, rilislah album ‘Keyakinan’ dengan berbagai hit single, seperti ‘Berharap Tak Berpisah’, ‘Putus’, dan ‘Apapun Kau Mau’.
Pada 2004, Reza sempat mempersiapkan album baru bertajuk ‘Ketulusan’. Single pertama dari album tersebut adalah ‘Getir’ yang dinyanyikan bersama Pas Band.
Namun, album tersebut tak berhasil rampung karena terdapat masalah rumah tangga antara Reza dan Adji Massaid. Setelah resmi bercerai pada 2005, Reza malah mundur dari industri musik dan memilih untuk mendalami Agama bersama Elma Theana di padepokan Gatot Brajamusti.
ADVERTISEMENT
Kemudian Reza berusaha bangkit dari kegagalan dalam berumah tangga, dengan menelurkan album ‘The Voicer’ pada 2009. Ia juga masih terus aktif tampil di berbagai panggung off air dan on air hingga saat ini.
2. Gaya berpenampilan
Titi DJ dan Reza Artamevia. (Foto: dok. Munady Widjaja)
Titi DJ sejak dahulu terkenal sebagai penyanyi yang maksimal dalam bersolek. Setiap kali tampil, Titi selalu mengenakan busana-busana yang megah dan glamor.
Gaya rambut adalah yang paling sering disoroti dari seorang Titi DJ. Ia kerap mengubah gaya rambutnya dengan gaya yang tak jarang unik dan aneh.
Titi Dj. (Foto: Munady Widjaja)
Contohnya, di album ‘Imajinasi’. Rambut Titi yang hitam pekat disasak tinggi, sedangkan di album ‘Ekspresi’ rambut panjang Titi sengaja dibuat ikal dan agak berantakan.
ADVERTISEMENT
Saat usianya sudah tidak lagi muda, Titi DJ masih senang bermain-main dengan gaya rambut. Pada 2012, rambut Titi dibelah tengah dan dibiarkan terurai lurus, sedangkan dua tahun lalu, rambut Titi terlihat diberi poni saat merilis video klip single ‘Bila Kuingat’.
Titi juga kini lebih sering menggunakan rambut palsu dengan beragam warna dan gaya, ketika tampil mengisi suatu acara atau sekadar menghadiri undangan.
Lain dari Titi DJ, Reza sejak dahulu terkenal dengan gaya busana yang feminim, namun tetap terkesan kuat dan macho. Ia terlihat lebih senang mengenakan celana, ketimbang gaun yang glamor.
Reza pun terkenal sebagai artis yang jarang mengenakan makeup tebal. Riasannya terlihat sangat sederhana dan memang terkesan tomboi.
ADVERTISEMENT
Baru akhir-akhir ini, Reza acap kali mendandani rambutnya dengan berbagai gaya. Meski begitu, kesan gaya tomboi Reza masih terus bertahan.
3. Kehidupan pribadi
Titi Dj (Foto: Munady)
Sebelum menikah dengan Bucek Depp, Titi sempat menjalin cinta dengan Adjie Massaid, model, dan aktor tampan yang tengah naik daun di era 90-an. Hubungan Titi dan Adjie hanya bertahan satu tahun dan Titi pun lantas menjalin hubungan dengan Indra Lesmana.
Pada 1995, Titi dan Bucek menikah dengan konsep pernikahan yang sederhana. Dari perkawinan tersebut, Titi dikaruniai tiga anak, si kembar Salmaa Chetizsa Muchtar dan Salwaa Chetizsa Muchtar, serta Daffa Jenaro Muchtar.
Kehidupan Titi mendapatkan cobaan ketika menikah dengan Bucek dan memiliki anak. Sebab, ia terlalu fokus merawat anak dan jarang mengambil pekerjaan di industri hiburan. Di tengah masalah ekonomi, Bucek dan Titi bercerai pada Desember 1997.
ADVERTISEMENT
Pada 1999, Titi menikah dengan pria berkewarganegaraan Amerika Serikat bernama Andrew Hollis Dougharty. Penikahan Titi dan Andrew dikaruniai seorang anak bernama Stephanie Poetri Dougharty. 7 tahun bersama, Titi bercerai lagi pada 2006.
Setahun kemudian, Titi menikah dengan gitaris grup musik /rif, Noviar Rachmansyah atau yang akrab disapa Ovy. Lagi-lagi Titi menceraikan Ovy di Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten pada 12 Desember 2011.
Gagal berpacaran dengan Titi DJ, Adjie Massaid menikahi Reza pada 1999. Kala itu, Reza telah menjalani profesi sebagai penyanyi. Adjie dan Reza dikaruniai dua anak Zahwa Rezi Massaid dan Aaliyah Annisa Jeffar Massaid.
Pernikahan Reza terkesan baik-baik saja, namun keduanya mulai terlibat cekcok pada 2004. Pada awal 2005, keduanya resmi bercerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Setelah bercerai, Reza sempat hilang selama 5 hari dari hadapan publik. Ternyata, Reza diketahui mondok di padepokan milik Gatot Bradjamusti di daerah Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat.
Sempat dikabarkan dekat, hubungan Reza dan Gatot kian merenggang kala Gatot terlibat sejumlah kasus hukum. Hingga kini, belum ada pria lain yang sepertinya berlabuh di hati Reza Artamevia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan