Pencarian populer

Oppie Andaresta Coba Keluar dari Zona Nyaman Lewat Musikalisasi Puisi

Oppie Andaresta (Foto: Munady)

Oppie Andaresta selama ini dikenal sebagai penyanyi beraliran pop rock. Selama 25 tahun berkarya di industri musik, ia berusaha keluar dari zona nyaman dengan menciptakan karya baru berupa musikalisasi puisi.

Penyanyi berusia 45 tahun tersebut menelurkan sebuah album bertajuk 'Baju Bulan' yang rilis pada April lalu. Album ini berisi sembilan lagu yang berasal dari syair-syair milik Joko Pinurbo.

"Iya (keluar dari zona nyaman). Buat saya ini suatu terobosan juga. Saya ngerasa musikalisasi puisi ini jadi karya saya yang beda dari album sebelumnya," ucap Oppie Andaresta ketika dijumpai di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, usai mengisi acara 'Nyanyian Puisi Joko Pinurbo'.

Meskipun pelantun 'Single Happy' tersebut adalah pecinta sastra, namun ia mengaku menggubah karya puisi ke dalam sebuah lagu bukanlah hal yang mudah. Oppie merasa cukup tertantang untuk melakukan hal itu.

"Bikin lagu dari yang sudah ada jadi tantangan tersendiri buat saya. Biasanya saya bikin lagu sendiri, terserah notasinya seperti apa. Kali ini, liriknya sudah ada, kemudian saya menginterpretasikannya dengan cara pandang saya yang beda dengan Mas Joko Pinurbo. Itu sulit," katanya.

Butuh waktu tiga hingga empat bulan bagi Oppie Andaresta untuk menyelesaikan album 'Baju Bulan'. Awalnya, album itu akan diisi sepuluh lagu di dalamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, Oppie memutuskan untuk membuang salah satu lagunya.

"Sudah jadi lagunya, tapi saya buang. Karena enggak masuk saja," ujarnya.

Oppie Andaresta (Foto: Munady)

Hingga saat ini, Oppie mengatakan bahwa dirinya belum punya rencana untuk membuat musikalisasi puisi lagi dari penyair. Ia masih mau menikmati pementasan dari satu panggung ke panggung lain dengan membawakan lagu-lagu di dalam 'Baju Bulan'.

"Masih panjang perjalanannya. Bikin musik gini, saya cuma bisa main di tempat-tempat yang bisa mengapresiasi. Kayak GIK, Salihara mungkin, atau kampus, memang di tempat khusus. Kayak tadi, biar yang datang 100 orang, tapi saya senang, karena memang ngerti," tutur Oppie.

"Daripada yang datang puluhan ribu, tapi enggak ngerti. Buat saya ini bergizi, secara musikalitas saya senang maininnya. Secara proses kreatif, saya banyak dapat hal baru, makanan jiwa juga," lanjutnya.

Lantas, dari sembilan lagu yang ada di dalam album 'Baju Bulan', kira-kira lagu apa yang jadi favoritnya, ya?

"(Lagu) 'Hati Jogja'. Banyak yang suka juga lagu itu, karena sederhana," tutup Oppie Andaresta.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57