Pencarian populer

Pepeng 'Naif' Senang Bikin Komik demi Anak

Pepeng 'Naif' (Foto: Munady Widjaja)
Musisi Franki Indrasmoro Sumbodo alias Pepeng, memang terkenal dengan karya-karyanya yang populer dan tak lekang oleh zaman bersama Naif. Selain itu, ia juga merupakan pencipta komik 'Setan Jalanan' yang sempat pula menjadi salah satu acara di sebuah radio.
ADVERTISEMENT
Ketika ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Pepeng mengungkapkan bahwa jauh sebelum ia menelurkan 'Setan Jalanan', sudah ada sebuah komik buatannya yang diperuntukan untuk anak-anak.
"Judulnya 'BonBinBen', 'Kebun Binatang Band', itu buku komiknya dan lagu anaknya yang bikin Naif," ungkap Pepeng, pada Kamis (12/7).
Ternyata pria bernama lengkap Franki Indrasmoro itu mulai tertarik untuk menciptakan komik anak-anak setelah putrinya yang bernama Lumina berusia 3 tahun. Enggan terlalu banyak memberi anaknya komik-komik yang bernuansa dewasa dan tak sesuai dengan usianya, Pepeng pun membuat sendiri komik anak yang penuh edukasi.
"Sampai sekarang belum pernah ada (komik anak) yang stand out. Komik anak banyak, tapi yang bisa merangkul anak-anak itu belum banyak. 'Si Juki' sudah bagus, tapi konten 'Si Juki' itu kan remaja," ujar pria lulusan D3 di Fakultas Seni Rupa/Desain Grafis Institut Kesenian Jakarta.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Sejak 2017, Pepeng kembali mencipta komik anak bertajuk 'Geng Bedug' yang kala itu dirilis secara khusus, untuk menyambut Ramadhan. Pepeng pun menceritakan secara umum apa saja yang ada dalam komik 'Geng Bedug'.
"Jadi, memperkenalkan ke anak-anak bagaimana hal-hal kecil gitu. Gimana lo mau salat, tapi orang tuh selama ini kalau wudu tuh airnya banyak banget. Buka keran terlalu besar dan itukan pemborosan. Ya, begitulah," kata musisi berusia 42 tahun ini.
Pepeng 'Naif' (Foto: Munady Widjaja)
Lantaran semakin banyak orang yang tertarik dengan komik 'Geng Bedug', Pepeng pun berencana untuk terus mengembangkan komik tersebut. Tidak mau disebut sebagai komik religi, ia mengaku kini mengembangkan 'Geng Bedug' dengan naskah yang lebih umum namun tetap penuh nilai moral.
ADVERTISEMENT
"Dari kemarin itu kontennya selalu berbau Ramadhan dan Lebaran. Tapi gue sudah ngomong ke mereka sih, ini bukan komik religi. Gue mau mengarahkan ke komik pendidikan moral anak. Jadi pelan-pelan di arahkan ke sana," tutup drummer Naif ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81