Pencarian populer

Pernah Main Sinetron, Kini Alin Sumarwata Berkarier di Hollywood

Alin Sumarwata (Foto: Instagram @alinsumarwata)

Mendapatkan peran sebagai seorang tentara dalam serial 'Strike Back' merupakan salah satu pencapaian terbaik dalam perjalanan karier seorang Alin Sumarwata. Sebelumnya, Alin sama sekali tak pernah menyangka bisa mendapatkan peran penting dalam serial produksi Cinemax tersebut.

Dalam sebuah sesi wawancara via sambungan telepon, yang turut diikuti kumparan (kumparan.com), istri dari aktor Don Hany ini melakukan kilas balik saat pertama kali ia berusaha mendapatkan peran di serial ini.

"Waktu itu aku lagi di Los Angeles ketika mereka mengadakan casting di London. Saat aku melihat peran ini, aku langsung yakin bahwa ini adalah peran yang selalu aku inginkan sepanjang hidupku," ungkap Alin pada Rabu, (7/2).

Alin Sumarwata (Foto: Dok. HBO Asia)

Merasa bahwa kesempatan emas ini tak akan datang dua kali, aktris berdarah Indonesia-Iran ini pun langsung mengikuti casting tersebut dan melakukan berbagai macam latihan fisik.

"Sekarang atau tidak sama sekali. Waktu itu aku dites untuk melakukan action, kick boxing, melakukan berbagai macam pukulan, baca dialog, monolog, dan masih banyak lagi. Aku juga harus berpakaian militer dan bersikap layaknya seorang militer," kenang Alin.

"Saat itu, aku mengerahkan semua usaha yang aku bisa. Aku juga mendapatkan dukungan penuh dari suamiku untuk terus melakukan latihan," lanjutnya.

Kerja keras dan kemauan besar Alin akhirnya terbayarkan. Ia berhasil mendapatkan peran sebagai Kopral Gracie Norin, seorang anggota Komando Operasi Khusus Angkatan Darat Australia. Ia merupakan seorang penembak jitu yang paling diandalkan dalam tim dan memiliki tingkat pengetahuan yang sangat luas. Norin juga fasih berbahasa Arab dan Rusia.

Alin mengaku sangat bahagia saat berhasil mendapatkan peran tersebut. Namun ternyata, kebahagiaan tersebut tidak berlangsung lama.

"Setelah itu aku sadar, kalau aku harus kembali bekerja dan memberikan yang terbaik dalam serial ini," ucapnya.

Alin Sumarwata (Foto: Dok: HBO Asia)

Sebelum sukses berkarier di Australia, siapa sangka Alin ternyata memulai kariernya di industri hiburan saat tinggal di Indonesia? Pada tahun 2003, Alin memulai debutnya dengan bermain dalam sebuah sinetron berjudul 'Kenapa Ada Cinta?'. Dalam sinetron tersebut, ia beradu peran dengan aktor Primus Yustisio.

"Ah, iya, aku ingat sekali. Itu adalah pekerjaan pertamaku. Aku enggak menyangka kalian masih mengingatnya," kata Alin dengan nada tersipu malu.

Alin bercerita bahwa dirinya merindukan suasana di Indonesia dan ingin kembali berkunjung ke sini.

"Kalau aku punya kesempatan, aku mau berencana ke sana dan berkolaborasi dengan orang-orang di sana. Aku mau kembali bekerja di Indonesia," ungkapnya antusias.

Loading Instagram...

Pada tahun 2011, ia menikah dengan aktor Australia bernama Don Hany, dan secara resmi menjadi aktris berkebangsaan Australia. Lebih lanjut, ia pun membeberkan tentang pengalaman yang ia rasakan saat bekerja sebagai bintang serial di Indonesia dan Australia.

"Untuk aku, sama saja, sih. Kita bekerja di set, kamu harus menunggu waktu untuk syuting. Sejauh ini, enggak terlalu berbeda, sih. Kita harus selalu fokus dan disiplin setiap hari, apa pun pekerjaannya. Misal saat aku syuting di Yordania atau pun di indonesia. Kita harus belajar fleksibel, belajar beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda," jelasnya.

Lantas, kira-kira bagaimana ya dari segi pendapatannya?

"Oh, tidak. Jangan ke situ dong, ha..ha..ha..," tutupnya.

Selain 'Strike Back', beberapa serial televisi lain yang pernah dibintangi oleh Alin adalah 'Neighbours', 'East West 101', 'Sea Patrol', 'Home and Away', dan 'Dark Horse'.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22