kumparan
1 Okt 2018 16:24 WIB

Tasya Kamila Bicara Soal Kesehatan Reproduksi

Tasya Kamila. (Foto: Munady Widjaja)
Mantan penyanyi cilik, Tasya Kamila, baru-baru ini didapuk sebagai pembicara dalam sebuah talkshow bertajuk 'Dokter Gen Z: Sahabat Diskusi Kesehatan Reproduksi Remaja'. Menurut Tasya, beragam informasi terkait kesehatan reproduksi sudah ia dapatkan sejak duduk di bangku sekolah. Itulah yang membuat dirinya lebih aware untuk menjaga tubuhnya.
ADVERTISEMENT
"Aku alhamdulillah sekolah di tempat yang bagus. Dari SD kelas 5 sudah didatangkan dokter yang menjelaskan tentang kesehatan reproduksi. Jadi terpapar dari pubertas awal kelas 5 dan 6 sudah mengetahui apa saja alat reproduksi kita dan bagaimana cara kita menjaganya. Jadi, aku bisa share pengalaman aku bagaimana sih dulu mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi," ungkap Tasya seperti dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Senin (1/10).
Berbekal informasi yang sudah ia terima sejak di bangku SD, istri dari Randi Bachtiar ini mengaku tak khawatir saat ia mendapatkan haid pertamanya saat kelas 1 SMP. Tasya juga mengaku sempat berdiskusi dengan sang ibu terkait haid pertamanya itu.
"Jadi, pada saat aku menstruasi pertama tahu apa yang akan terjadi dan bisa membayangkan yang sedang terjadi di organ reproduksi aku, di rahim aku. Enggak takut lagi. Banyak juga kan mitos-mitos yang bilang 'kata orang kalau lagi mens enggak boleh keramas atau apa' justru itu yang bikin aku penasaran," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Pas ketahuan mens, aku sharing ke mama. Terus mama bilang 'Berarti kamu sudah dewasa, bisa jaga diri sebagai perempuan kamu harus pintar bergaul dan tahu batasan-batasan. Dosa udah kamu sendiri yang tanggung'. Diingetin gitu sama mama," lanjutnya.
Kini, dengan pesatnya perkembangan teknologi, pelantun 'Anak Gembala' itu mengatakan bahwa banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beragam informasi soal reproduksi, termasuk dari internet.
"Kita juga harus menjadi smart use, menggunakan internet. Kalau mau mencari informasi di internet harus pastikan sumbernya dari mana. Seperti ini dari John Hopkins University itu kan salah satu yang terbaik di dunia, pasti informasinya terpercaya. Aku turut senang karena sekarang remaja bisa mengakses Dokter Gen Z untuk memperoleh informasi yang terpercaya dan user-friendly seputar gaya hidup dan kesehatan reproduksi. Yang penting itu kita harus tahu sumbernya dari mana, jangan langsung percaya harus kita kroscek," tandas Tasya Kamila.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·