kumparan
15 Feb 2019 14:47 WIB

Transformasi Tatjana Saphira: Remaja yang Tumbuh Jadi Bintang Film

Transfomasi Tatjana Saphira Dulu dan Sekarang. Foto: Infografik: Nunki Lasmaria Pangaribuan.
Dalam ajang Indonesian Movie Actors (IMA) Awards 2018 lalu, Tatjana Saphira berhasil mengalahkan Marsha Timothy hingga Putri Marino untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terfavorit. Keberhasilan meraih penghargaan tersebut berkat aktingnya di film berjudul 'Sweet 20' garapan sutradara Ody C. Harahap.
ADVERTISEMENT
Dengan pencapaian tersebut, otomatis namanya semakin dikenal dan diperhitungkan masyarakat dalam berakting. Lantas, seperti apakah transformasi Tatjana Saphira dulu dan sekarang?
Tatjana Saphira Hartmann lahir di Jakarta, 21 Mei 1997 dan merupakan anak dari pasangan Joachim Hartmann dan Ade Hartmann. Ayahnya merupakan asal Jerman, sedangkan ibunya Indonesia. Maka tak mengherankan, apabila wajah Tatjana seperti orang Eropa.
Semenjak usia dini, Tata sapaan akrab dari Tatjana tampaknya sudah akrab dengan dunia fotografi. Sebab, ia seringkali mengunggah foto masa kecil di akun Instagram pribadinya. Mulai dari saat masih bayi, usia empat tahun, hingga foto bersama adiknya, Tobias Thoriq Hartmann.
Seperti anak kecil pada masanya, tingkah laku Tata juga sangat menggemaskan. Seperti foto dengan menggigit jari, saat usianya sekitar 4 tahun.
ADVERTISEMENT
Tatjana Saphira kecil tampaknya senang sekali dengan kucing. Beberapa kali ia mengunggah momen kebersamaan dengan hewan peliharaannya. Ia juga sempat mempunyai kucing yang dinamai Jenny.
Dalam unggahan foto lainnya di Instagram, perempuan berusia 21 tahun tersebut mengungkapkan perjuangan untuk meniti karier sebagai seorang artis.
"I've dreamed of being an actress since I was small. Berawal dari casting ke casting, jadi bintang iklan, sampai akhirnya dapat kesempatan untuk memulai karirku sebagai aktris. Banyak pelajaran berharga yang aku dapatkan dari pengalamanku selama ini. It’s not an easy process, and I had numerous opportunities to quit," tulisnya.
"But because it’s my passion, I decided to keep going no matter what. Satu langkah sekecil 1mm dengan niat yang kuat akhirnya membuatku bisa terus maju. So, what's your story? Share your experience with the hashtag #1mmForBetterYou or click www.1mmforbetteryou.com to win some prizes :)," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Tatjana Saphira memulai kariernya di dunia perfilman Tanah Air saat membintangi film 'Crazy Love' dan 'Get M4rried' pada tahun 2013 lalu. Dalam film 'Crazy Love', ia beradu akting dengan Adipati Dolken hingga Ray Sahetapy.
Sementara pada film 'Get M4rried', Tata beradu akting dengan Nirina Zubir, Ricky Harun hingga Ringgo Agus Rahman
Selanjutnya, pada tahun 2014 Tatjana terlibat dalam film 'Runaway'. Ia harus beradu akting dengan Al Ghazali, Edward Akbar, hingga Kimberly Ryder. Tata memerankan karakter Tala yang terpaksa menjadi pencopet untuk membiayai pengobatan ibunya yang sakit keras.
Setahun berselang, Tata terlibat dalam pembuatan film 'Negeri Van Oranje' yang dirilis pada tahun 2015. Ia berkesempatan untuk berakting dengan Chicco Jericho, Arifin Putra, Abimana Aryasatya hingga GE Pamungkas. B
ADVERTISEMENT
Berkat aktingnya di film tersebut, Tatjana masuk nominasi pemeran utama wanita terbaik dalam ajang 'Indonesian Box Office Movie Awards' 2016.
Lalu pada 2016, pacar dari Herjunot Ali tersebut membintangi film 'I am Hope' garapan sutradara Adilla Dimitri. Dalam film tersebut, ia menjadi tokoh utama dan beradu akting dengan Fachri Albar, Tio Pakusadewo, hingga Fauzi Baadilla.
Sementara pada 2017, setidaknya ada 3 film yang dibintanginya. Antara lain, 'Sweet 20', 'Stip & Pensil', serta 'Ayat-Ayat Cinta 2'. Terlebih pada film 'Sweet 20', Tatjana tampil dengan rambut berponi dan tingkahnya yang lucu.
Dari perubahan Tatjana Saphira dari kecil hingga dewasa tersebut, mana yang menurut kalian menggemaskan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan