kumparan
18 Jul 2019 17:00 WIB

Cerita di Balik Lagu 'I Will Wait' dari Kamasean untuk iKON

Kamasean dan iKON Foto: Instagram/@kamasean, @withikonic
Dalam satu bulan terakhir, nama boyband iKON tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar K-Pop. Hal tersebut bermula ketika salah satu anggotanya, B.I, memutuskan untuk keluar dari grup pada 12 Juni lalu, karena terseret dugaan kasus narkoba.
ADVERTISEMENT
Kabar tersebut sontak membuat para penggemar iKON yang dipanggil iKONIC pun merasa sedih dan kehilangan. Apalagi setelah B.I menyatakan keluar, kabar perkembangan kasus narkoba yang dialamatkan kepadanya, seolah hilang ditelan bumi.
Namun, informasi terakhir yang dilansir Soompi menyebutkan, bahwa Badan Kepolisian Nasional Korea telah menunjuk tim khusus pada 17 Juni untuk menuntaskan kasus B.I, sekaligus seluruh kasus yang menjerat YG Entertainment. Sayangnya hingga saat ini belum ada lagi kabar lanjutan mengenai kasus narkoba B.I.
B.I iKON Foto: Wikimedia Commons
Salah satu iKONIC yang ikut merasa sedih akan kasus ini adalah mantan peserta Indonesian Idol, Kamasean. Penyanyi yang mengenal iKON dari lagu 'Love Scenario' ini, menunjukkan kesedihannya dengan membuat lagu berjudul 'I WIll Wait' yang dirilis di akun Soundcloud miliknya, Jumat (12/7).
ADVERTISEMENT
Lagu tersebut mendapatkan tanggapan positif dari iKONIC. Mereka merasa, lirik lagu tersebut mengungkapkan perasaan para penggemar untuk iKON.
Kepada kumparan, Kamasean pun menceritakan alasan membuat lagu, proses rekaman, hingga arti lagu 'I Will Wait' yang dia buat. Pelantun 'Tak Pernah Sendiri' ini menyebut, bahwa dia sengaja membuat lagu tersebut sebagai surat cinta spesial untuk ketujuh anggota iKON.
"Aku pengin bikin lagu aja untuk didengerin, this just my love letters for the boys, jadi ya (cuma dirilis) di Soundcloud juga. Cuma pada minta bikin video lirik, enggak nyangka sih kalau this song bisa ngasih efek yang positif gitu buat iKONIC. Satu sisi yang bikin sedih karena nginget iKON, tapi di satu sisi kayak mengingatkan lagi bahwa, ya kita akan selalu menunggu mereka sampai kapanpun," ungkapnya pada kumparan via telepon, Rabu (17/7).
Kamasean Foto: Instagram/@kamasean
Penyanyi kelahiran 1995 ini juga mengatakan, kesedihan yang dia rasakan terus berlanjut hingga satu bulan lamanya. Sean pun memutuskan membuat lagu untuk iKON, sebagai ungkapan perasaannya.
ADVERTISEMENT
"Jadi aku mikir kayak, ok it's been a month and I wanna do something, tapi aku gak pengen kayak karena, I feel like we've been sad for a long time, jadi kayak, 'iKONIC kita tuh sudah bersedih sebulan'," katanya.
"Ya mungkin ya buat sebagian orang ya, kayak ya baru sebulan, tapi kan ya feel like a long month, bener-bener kayak lama banget dan kayak emotionally draining banget. Terus aku emang pengen bikin lagu yang uplifting life kayak yang nyemangatin iKONIC, tapi it's my love letter gitu. This is I want to say to iKON gitu, jadi this song for iKON, jadi aku bikin lah liriknya," tambahnya.
Bahkan, Kamasean membuat lagu ini disesuaikan dengan masing-masing karakter anggota iKON. Ia menyebut, di beberapa bagian lagu, gaya menyanyi Sean disesuaikan seperti masing-masing anggota iKON. Sean mengatakan, dirinya membuat lagu ini sambil membayangkan iKON lah yang menyanyikan lagu 'I Will Wait'.
ADVERTISEMENT
Meski mendapatkan banyak dukungan positif, Sean mengaku bahwa lagu ini tidak akan pernah dikomersilkan. Ini dilakukan karena lagu tersebut ia buat spesial, untuk mengungkapkan perasaannya kepada iKON.
"Enggak akan pernah dikomersilkan, karena ini kayak open letter buat mereka gitu, dan kayak my only goal and my only wish for this song ya buat iKONIC buat denger. And I dont know maybe iKON, apa, know this song and how we feel, gitu," ungkapnya.
Penyanyi kelahiran 1995 ini lalu bercerita bahwa dia sempat kaget saat mengetahui berita narkoba yang menyeret B.I. Ditambah saat leader iKON itu memutuskan keluar dari grup membuat dirinya makin tak percaya.
Padahal, sehari sebelumnya, June iKON menyukai lagu cover 'Shall We Go to Sapporo?', yang dinyanyikan dan diunggah Sean ke akun Instagramnya. Lagu tersebut memang aslinya dibawakan oleh June.
ADVERTISEMENT
"Terus kayak, ini apa sih? Aku tuh ngerasa kayak kemarin baru abis mimpi (postingannya di-like oleh June), terus kayak ini mimpi lagi enggak sih? Jadi ini tuh belum bangun apa gimana sih? Jadi ini super duper stuck, stuck yang bener-bener, terus kayak di Twitter, di timeline, semuanya, itu kan kayak (kasus B.I) itu semua isinya," ungkapnya.
Sean mengatakan dirinya cukup lama terbawa perasaan sedih, bahkan hingga tiga hari berturut-turut.
"Bener-bener wah tuh parah banget sih, aku sampe tiga hari bener-bener super duper depressed banget gitu. Orang-orang sampe parah, tapi tuh sebenernya gak boleh sih, cuma sampe ganggu kerjaan, sampe gak konsen," jelasnya.
iKON Foto: Instagram/@withikonic
Padahal, sebelum kasus ini mencuat ke publik, Kamasean berencana membuat tujuh lagu spesial untuk iKON. Rencananya lagu tersebut akan dirilis di Soundcloud dan akan diberikan secara spesial untuk ketujuh anggota iKON, ketika bertemu di acara fansigning.
ADVERTISEMENT
Tetapi, kini Kamasean menunda rencananya tersebut karena dia belum mau merilis lagu tersebut. Ia juga belum bisa memastikan kapan lagu untuk iKON itu akan dirilis.
"About that (merilis lagu), I dont know yet. Kayak aduh, kayak sekarang aja, it's hard. Kayak Japan tour mendekat, aku aja kayak masih sekarang lagi masih kepikiran dan khawatir, dan tidak bisa membayangkan melihat mereka berenam di atas panggung gitu," jelas Sean.
Di akhir perbincangan, Kamasean pun mengungkapkan harapannya untuk iKON dan juga B.I. Dia hanya berharap B.I akan selalu bahagia dan kembali ke iKON atau pun kembali membuat musik.
"Harapan aku sih yang jelas I just want him to be happy, I want him to do whatever he wants to do. Maksudnya, ya di satu sisi I want him to be back with his brothers gitu. Tapi kan again kita enggak tahu. We dont really know whats going on inside, cuma ya, just one thing, I want him to be happy to continue making music," ungkapnya.
Penampilan iKON, boy band asal Korea Selatan pada Upacara Penutupan Asian Games ke 18, tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). Foto: Antara/INASGOC/Puspa Perwitasari
Untuk iKON sendiri, Kamasean berharap iKON tetap bisa tampil dengan tujuh anggota. Bahkan dirinya tak ragu saat mengatakan lebih baik seluruh anggota iKON keluar dari YG Entertainment. Menurutnya, YG sudah punya terlalu banyak masalah, dan membuat nama iKON menjadi buruk di mata publik.
ADVERTISEMENT
"I want them to be seven forever and kalau pun mereka keluar YG, dan harus ganti nama, I will still support them as a seven human being not as iKON. I love each other personally and individually, whatever they want to do in the future, I want support them," pungkasnya.
Saat ini, lagu 'I Will Wait' milik Kamasean telah didengar sebanyak lebih 12 ribu kali di Soundcloud. Rencananya, Kamasean akan membuat lagu versi piano, namun dirinya mengaku tidak menyelesaikan rekaman tersebut karena terlalu sedih saat menyanyikannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan