Pencarian populer

K-Profile: Young K, Bassist Day6 yang Dijuluki Penulis Lagu Puitis

Young K (Foto: Twitter @day6official)

Day6 dapat disebut sebagai grup band rock asal Korea yang paling populer saat ini. Grup bentukan JYP Entertainment ini mampu bersaing dengan dominasi boyband maupun girlband populer dengan lagu-lagu yang mereka ciptakan sendiri.

Young K merupakan anggota yang paling banyak berkontribusi dalam pembuatan lagu yang dibawa oleh Day6. Vokalis sekaligus bassist Day6 ini, selalu terlibat dalam proses produksi lagu timnya.

Keterlibatan Young K sendiri bukan hal yang aneh. Bagi pria yang merayakan ulang tahun ke 26 pada Rabu (19/12) ini, sejak masih duduk di bangku SMA, ia sudah memiliki ketertarikan dalam bermusik. Ia pun pernah bergabung dalam sebuah band yang nama 3rd Degree.

Bersama kedua anggota bandnya saat itu, ia sering tampil di berbagai lokasi di Toronto, Kanada. Ia pun terbiasa mengabadikan momen penampilan bandnya tersebut ke dalam sebuah video, dan kemudian diunggah ke dalam akun YouTube. Tak hanya itu, melalui akun YouTube tersebut ia juga sering mengunggah lagu yang ia ciptakan.

Video penampilan band-nya itu ternyata mampu menarik perhatian staf JYP Entertainment, yang kemudian menghubunginya untuk direkrut menjadi seorang trainee. Pada tahun 2010, pemilik nama asli Kang Young Hyun tersebut berhasil diterima menjadi salah satu trainee JYP Entertainment, bersama dengan Don Lee, anggota 3rd Degree.

Sayangnya, setelah sempat menjalani masa trainee Don Lee memutuskan untuk meninggalkan JYP Entertainment. Hal ini membuat Young K menjadi satu-satunya anggota 3rd Degree yang bertahan, menjalani masa training di agensi yang dibentuk oleh Park Jin Young tersebut.

Young K pertama kali diperkenalkan ke publik dalam acara survival YG Entertainment 'WIN: Who is Next?' pada 2013. Saat itu ia bergabung dengan Jackson dan Mark GOT7 untuk melawan iKON dan Winner dalam sesi rap. Selain itu ia juga tampil bersama Sungjin, Jae, Junhyeok, dan Wonpil untuk membawakan lagu ciptaan mereka di depan Yang Hyun Suk, pemilik YG Entertainment serta kedua boyband asuhannya itu.

Pada tahun 2014, ia terpilih sebagai salah satu anggota band rock JYP Entertainment yang bernama 5Live, namun grup tersebut pun gagal didebutkan. Pria kelahiran Ilsan itu, lalu resmi melangsungkan debutnya menjadi salah satu anggota Day6 pada 2015. Bersama Day6, Young K memulai debutnya dengan merilis lagu 'Congratulations'.

Konser Day6 di Jakarta (Foto: Twitter @mecimapro )

Setelah tiga tahun debut, Young K diketahui sering terlibat dalam proyek lagu para artis yang bernaung di bawah JYP Entertainment lainnya. Misalnya dalam lagu 'Beggin’ On My Knees' milik GOT7, dan 'Answer' milik Park Jimin 15&.

Meski semua anggota terlibat dalam penulisan lagu untuk tim mereka, namun Young K merupakan representatif penulis lagu di Day6.

Salah satu yang daya tarik dari lagu yang diciptakannya adalah liriknya yang puitis dan emosional. Ia mampu menciptakan sebuah lagu dengan rangkaian kata indah yang tercipta dari pengalaman pribadinya sendiri atau orang lain.

"Aku biasanya terinspirasi dari pengalaman hidup yang penah aku alami sendiri. Selain itu, terkadang aku juga mendapatkan inspirasi dari 'pengalaman pihak kedua' melalui buku, film, drama, acara TV, novel, pengalaman orang lain, dan lain sebagainya," ujarnya seperti dikutip Soompi.

Day6 (Foto: Facebook @day6official)

Menjadi satu-satunya band di JYP Entertainment tentu membuat Young K merasa spesial. Terlebih lagi saat Park Jin Young mengizinkan ia dan timnya untuk mengeksplorasi segala jenis genre musik yang sesuai dengan keinginan mereka.

Young K berharap Day6 dapat tumbuh menjadi grup yang tidak ambil pusing mengenai popularitas. Dari pada harus mengikuti tren musik yang tengah populer, ia justru ingin agar Day6 mampu menghasilkan lagu yang sesuai dengan grupnya.

"Aku berharap kami tidak tumbuh menjadi grup yang sensitif mengenai popularitas. Kami ingin menghasilkan musik yang tak hanya cocok dengan genre yang tengah populer, tapi kami ingin menciptakan musik yang cocok dengan Day6," ujarnya.

Ia dan timnya juga percaya diri dengan semua lagu yang dihasilkan oleh timnya. Baginya ia ingin agar Day6 bisa dikenal dengan musik-musik yang mereka ciptakan bagi para pendengar.

Bersama Day6, Young K baru saja merilis mini album terbaru yang bertajuk 'Remember Us : Youth Part 2'. Ia juga terlibat dalam proses pembuatan 'days gone by', lagu utama dalam album tersebut.

Meski disibukkan dengan kariernya sebagai seorang penyanyi, namun Young K Day6 selalu mengutamakan pendidikan. Pada Agustus lalu, ia resmi menyelesaikan pendidikan sarjananya dari jurusan bisnis administrasi dari Universitas Dongguk.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53