Pencarian populer

4 Syarat Sehat Bekal Sekolah Anak

Ilustrasi bekal anak. (Foto: Thinkstock)

Menyediakan bekal sekolah sehat, jadi hal yang tak kalah penting ketika anak sudah kembali bersekolah. Pasalnya, bekal sekolah yang sehat punya segudang manfaat buat anak, Moms.

"Manfaat bekal sekolah adalah dapat mengontrol asupan anak, menyediakan kebutuhan gizi sesuai kebutuhan anak, meningkatkan energi dan performa anak di kelas, dan menjamin kebersihan makanan anak," ujar dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK, Spesialis Gizi Klinik di acara Minute Maid Nutriforce 'Inspirasi Kebaikan Gizi Bekal Sekolah Anak' di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (20/7).

Dian menyebut, jika bekal sekolah sehat anak bisa disajikan dalam bentuk makanan selingan atau camilan, sumber asupan air tambahan seperti pada buah-buahan, dan makanan siang yang mengenyangkan.

Lebih lanjut, Dian juga menuturkan beberapa syarat penting yang perlu diperhatikan orang tua dalam menyiapkan bekal sekolah yang sehat. Apa saja?

1. Komposisi Gizi Seimbang

Bekal Sekolah (Foto: Thinkstock)

Penting bagi Anda untuk memerhatikan asupan makanan bergizi seimbang untuk tumbuh kembang anak, Moms. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan anak akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam bekal sekolahnya.

2. Sesuai dengan Jadwal Makan Anak

Bekal Sekolah Anak. (Foto: Shutterstock)

Moms, biasakan untuk memberi sarapan pada anak sebelum sekolah. Di samping itu, bekal sekolah juga perlu Anda sesuaikan dengan jadwal makan anak yaitu pada jam makan siang dan waktu camilan sehat yang bisa Anda konsumsi sekitar jam 9-10 pagi.

3. Harus Bersih

Bekal Sekolah (Foto: Thinkstock)

Tak bisa tidak, bekal sekolah anak harus bersih dan higienis. Mulai dari tahap pemilihan bahan makanan hingga penyajiannya.

4. Menu Praktis dan Mudah Disiapkan

Bekal Sekolah (Foto: Thinkstock)

Pilihlah menu yang bisa diolah dalam waktu singkat dan tak merepotkan. Seperti misalnya, telur, tahu, kentang, roti tawar dan lainnya.

Anda juga bisa mengakali untuk menyiapkan bahan makanan yang akan diolah dari malam sebelumnya. Eits, jangan sampai lupa berdiskusi dengan anak tentang menu bekal sekolahnya ya, Moms, biar ia makin semangat dan senang makannya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23