Pencarian populer

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Melahirkan Caesar

Ilustrasi Operasi Foto: Pixabay

Pemulihan setelah melahirkan caesar jauh lebih lama daripada melahirkan normal. Ya, operasi caesar merupakan operasi besar, sehingga bisa meninggalkan rasa sakit setelahnya.

Gerakan-gerakan kecil sekalipun, seperti batuk atau tertawa bisa membuat luka bekas operasi terasa ngilu, sakit dan nyeri. Kondisi ini biasanya bisa berlangsung hingga 6 minggu setelah operasi, Moms. Nah, agar penyembuhan setelah melahirkan caesar lebih cepat dan optimal, hindari 5 hal ini untuk sementara waktu. Apa saja?

1. Berhubungan Seks

Ilustrasi berhubungan intim (seks). Foto: Shutter Stock

Hindari berhubungan seks untuk sementara waktu. Anda bisa kembali berhubungan seksual dengan suami setelah 6 minggu usai operasi caesar. Pada masa ini umumnya bentuk rahim seorang wanita sudah kembali normal pada bentuk semula. Selain itu kondisi Anda sudah lebih fit dan bekas luka Anda sudah sembuh secara keseluruhan.

2. Mengangkat Beban Berat

Moms, jangan mengangkat beban berat yang melebihi berat bayi sebelum 6 hingga 8 minggu setelah melahirkan. Mengangkat beban melebihi bayi Anda bisa berisiko membuat bekas luka jahitan operasi terluka dan terjadi perdarahan.

3. Kurang Tidur

Usahakan waktu tidur Anda cukup dalam sehari. Gunakan waktu untuk beristirahat saat si kecil sedang tidur, Moms. Anda juga bisa meminta bantuan pasangan, pengasuh, atau keluarga untuk sementara waktu agar bisa bergantian menjaga si kecil. Kualitas tidur yang baik tentunya bisa membantu Anda pulih lebih cepat, Moms.

4. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Ilustrasi olahraga Foto: dok.shutterstock.com

Olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi sebaiknya hal ini perlu dihindari untuk selama 3 bulan setelah melahirkan caesar. Sebagai penggantinya Anda bisa berjalan-jalan di sekitar rumah untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar.

5. Menggaruk Bekas Luka

Setelah operasi caesar, biasanya akan timbul rasa gatal pada luka bekas operasi caesar maupun di sekitarnya. Hindari menggaruk bekas luka operasi tersebut ketika gatal. Hal tersebut bisa membahayakan bekas luka terutama bila belum sepenuhnya kering atau pun berisiko menimbulkan bekas luka lain di bagian tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36