kumparan
25 Nov 2018 9:10 WIB

5 Jenis Buah yang Baik Dimakan Anak saat Sarapan

com-Anak Kecil Makan Buah (Foto: Thinkstock)
Kesibukan di pagi hari tak boleh membuat Anda lupa untuk menyiapkan sarapan untuk anak. Ya, sarapan bukan hanya sekadar untuk mengisi perut si kecil, melainkan juga sumber tenaga yang akan ia gunakan sepanjang hari untuk beraktivitas.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, selain memberikan makanan yang kaya protein dan bergizi tinggi, Anda juga bisa menyelipkan buah dalam menu sarapan si kecil. Mengutip laman Boldsky, berikut rekomendasi buah yang baik dimakan anak saat sarapan. Apa saja?
Ceri
Ilustrasi Buah Ceri (Foto: Pixabay)
Buah ceri kaya fitonutrien, termasuk anthocyanin yang memiliki manfaat antiinflamasi sehingga memberikan kemampuan untuk memulihkan otot yang lemah di pagi hari. Selain itu, ceri juga mengandung antioksidan yang secara maksimal mampu memaksimalkan fungsi kerja jantung sehari-hari.
Semangka
Ilustrasi semangka. (Foto: Thinkstock)
Selain mengandung banyak air, buah semangka juga memiliki kandungan detoksfikasi yang disebut glutathione yang mampu membersihkan racun dalam tubuh. Selain itu, detoksfikasi ini juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang mampu menangkal kuman penyakit masuk dalam tubuh anak.
ADVERTISEMENT
Pepaya
Buah pepaya. (Foto: Thinkstock)
Pepaya mengandung antioksidan dan enzim yang disebut papain yang mencegah kerusakan kulit. Selain itu, pepaya juga mengandung serat tinggi yang mampu mencegah sembelit pada anak. Anda bisa mencampurkan buah pepaya yang sudah dipotong dengan perasan lemon dan gula untuk menambah citra rasa dari pepaya itu sendiri.
Anggur
Buah anggur bisa menyehatkan jantung. (Foto: Thinkstock)
Anggur diketahui mengandung jumlah antioksidan yang tinggi sehingga dapat membalikkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Sementara anggur merah mengandung resveratrol yang memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah masuknya penyakit pada anak.
Pisang
Ilustrasi pisang (Foto: Thinkstock)
Mengkonsumsi pisang saat sarapan bermanfaat untuk mengisi daya tubuh anak sepanjang hari. Mengkonsumsi pisang mampu menghasilkan energi pada tubuh, sehingga anak bertenaga menjalani aktivitasnya. Selain pisang, alpukan dan apel juga bagus untuk dikonsumsi anak di pagi hari. Apel bahkam memiliki serat tinggi bisa membuat anak jadi kenyang sampai jam makan siang nanti.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan