Pencarian populer

5 Jenis Makanan yang Mesti Dihindari Anak Saat Batuk

Anak Sakit (Foto: Think stock)

Anak-anak seringkali terserang batuk. Penyebabnya bisa karena infeksi saluran pernapasan, alergi debu, paparan polusi, asma, dan lainnya. Batuk itu sendiri merupakan respon tubuh, untuk membersihkan lendir maupun bahan iritan lain seperti debu, saat mendeteksi adanya gangguan dari luar tubuh sebagai fungsi alami sistem pertahanan.

Meskipun alami, tapi batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, dan bila tidak diatasi dengan baik justru bisa semakin parah. Saat Anak batuk, coba berikan ramuan alami yang terdiri dari air perasan lemon dan madu, untuk meredakan batuk ringan. Pilah-pilih asupan yang dikonsumsi si kecil, agar batuk tidak kian berat, Moms. Di antaranya:

Makanan Manis

Ilustrasi permen lolipop (Foto: Thinkstock)

Makanan yang mengandung gula tinggi, dapat memperburuk radang tenggorokan. Gula yang terdapat dalam makanan manis, dapat menempel pada tenggorokan, dan sebaliknya susah untuk lepas dari dinding tenggorokan, alhasil membuat tenggorokan tidak nyaman dan terasa gatal. Selain itu, kandungan gula dalam permen yang menyebabkan terganggunya kerja sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan susahnya penyembuhan batuk dan dapat meningkatkan produksi lendir.

Makanan Berminyak

com-Gorengan (Foto: Thinkstock)

Makanan berminyak seperti gorengan dan kerupuk, memang lezat tapi justru dapat memperburuk batuk kering. Alasannya makanan yang digoreng bisa membuat tenggorokan anak semakin kering dan membuat tenggorokan bertambah sakit.

Minuman Dingin

Ilustrasi air es. (Foto: DigitonDesigner)

Minuman dingin bisa memicu radang tenggorokan dan batuk lebih parah, karena minuman dingin bisa meningkatkan aktivitas pembuluh darah di tenggorokan. Sebaliknya, berikan anak minuman maupun makanan yang hangat karena bisa melegakan tenggorokan, melancarkan aliran lendir di rongga hidung sehingga dapat menghambat perkembangan virus.

Asupan Pencetus Alergi

Seafood (Foto: Thinkstock)

Hindari asupan pencetus alergi yang bisa menyebabkan anak batuk. Adapun makanan pencetus alergi pada tiap anak bisa berbeda, misalnya pada kacang dan makanan laut.

Makanan Peningkat Asam Lambung

Ilustrasi cokelat. (Foto: Thinkstock)

Bila anak memiliki keluhan refluks asam lambung, maka hindarkan anak dari makanan yang bisa mencetus asam lambung jadi naik, seperti makanan pedas, minuman asam, dan cokelat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: