Pencarian populer

5 Makanan Kaya Vitamin untuk Bayi Usia 6 Bulan

Ilustrasi bayi makan. (Foto: Thinkstock)

Menginjak usia enam bulan, sistem pencernaan bayi sudah semakin berkembang dan bayi sudah bisa diberi Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Tentu saja, Anda perlu memberi bayi MPASI dari bahan-bahan yang berkualitas dan bergizi tinggi agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi. Pastikan bayi mendapat cukup karbohidrat, protein, mineral, serat dan kaya vitamin misalnya.

Dikutip kumparanMOM (kumparan.com) dari laman Boldsky, berikut beberapa makanan kaya vitamin untuk bayi usia enam bulan:

1. Buah

Salad buah. (Foto: Thinkstock)

Banyak buah yang memiliki kandungan vitamin untuk anak. Tapi tidak semua buah bisa diberikan pada bayi usia enam bulan. Salah satu buah yang baik untuk bayi berusia enam bulan adalah alpukat.

Tekstur buah alpukat yang lembut dan rasanya yang netral (tidak terlalu manis dan tidak pahit) sangat cocok untuk bayi yang baru mulai mengenal makanan padat pertamanya setelah 6 bulan secara eksklusif disusui.

2. Sayuran Hijau

Sayur. (Foto: Pexels)

Sayuran hijau seperti bayam atau brokoli dapat dicerna oleh si kecil dengan baik sejak usia enam bulan.

Bayam mengandung banyak vitamin dan mineral di antaranya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor dan mangan yang baik untuk otak bayi. Sementara brokoli mengandung segudang nutrisi seperti misalkan beta-karoten, vitamin C, zat besi, asam folat, fitonutrien antikanker dan kalium.

3. Wortel

Wortel. (Foto: Pexels)

Parutan wortel yang dicampurkan pada bubur bayi, bisa memenuhi kebutuhan vitamin A si kecil. Selain menyehatkan mata, wortel juga mengandung antioksidan dan mineral penting bagi tubuh bayi.

4. Telur

Telur (Foto: Thinkstock)

Baik kuning maupun putih telur memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk bayi. Anda bisa merebus sebutir telur lalu potong menjadi dua. Beri setengah potong di siang hari, dan setengahnya lagi di sore hari.

Perhatikan apakah ada reaksi alergi setelah Anda memberikannya ya, Moms. Jika Anda atau suami memiliki sejarah alergi terhadap telur, tunda pemberian telur hingga si kecil berusia 1 tahun.

5. Ikan

Lemak ikan salmon (Foto: Pixabay)

Ikan juga dapat diberikan pada bayi sejak usia 6 bulan. Pastikan semua tulang ikan sudah terlepas dari dagingnya lalu giling ikan sampai halus sebagai campuran bubur. Pilih ikan yang dagingnya bertekstur lembut seperti ikan salmon, kakap, gindara atau ikan kembung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53