Pencarian populer

Agar Anak Pintar Bahasa Inggris, Harus Belajar Mulai Kapan?

Ilustrasi anak belajar bahasa Inggris Foto: Shutterstock

Pintar berbahasa Inggris adalah keterampilan yang penting dimiliki anak untuk meniti kariernya di masa depan. Banyak sekolah bahkan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Dengan menguasai bahasa internasional itu, anak juga punya lebih banyak pilihan bacaan, film, atau bahkan lagu yang dibuat dalam bahasa tersebut.

Tentu Anda ingin si kecil menguasai bahasa Inggris sejak dini. Namun jika bahasa Inggris bukan bahasa ibu (mother tongue), Anda mungkin bingung kapan kira-kira mulai mengajarkannya.

Lantas, mulai kapan sebaiknya mengajarkan anak bahasa Inggris sebagai bahasa kedua?

Menurut psikolog anak yang juga pemilik franchise NTO Internasional, mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bisa dilakukan sedini mungkin.

"Begini, enggak cuma bahasa ya. Apapun yang diajarkan anak sejak dini, itu pasti lebih terserap. Anak kecil saja, kalau nonton kartun berbahasa Inggris, bisa ngomong bahasa Inggris. Di zaman sekarang, rasanya bahasa Inggris itu sudah seperti mother tongue ya. Bahkan sebaiknya selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, anak menguasai 1 bahasa asing lagi," papar Novita kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.

Ilustrasi anak dan ibu membaca buku bahasa Inggris. Foto: Shutterstock

Mengutip laporan yang dipublikasi di jurnal Procedia Social and Behavioral Science, banyak ahli percaya belajar bahasa asing sebelum usia 10 tahun memungkinkan anak untuk berbicara lancar seperti native speaker. Sebab, pada usia dini anak mampu memproses informasi linguistik secara cepat. Bahkan anak di bawah usia 5 tahun dapat belajar lima bahasa asing sekaligus!

Kemampuan anak mendengar pelafalan fonetik berbeda berada di puncaknya sebelum berusia 3 tahun. Lebih dari itu, kemampuannya perlahan berkurang jika tidak dipaparkan oleh suara bahasa asing tertentu. Mengutip laman Parents, mendengarkan lagu atau film bahasa Inggris saja cukup media agar anak mampu menirukannya kemudian hari.

Pilih film berbahasa Inggris agar anak familiar. Foto: Shutterstock

Sebenarnya sejak lahir, bayi sudah belajar memproses bahasa. Setiap bayi lahir dengan kemampuan untuk menirukan suara dari bahasa apapun. Namun pada usia 10 bulan, bayi mulai memilah mana suara yang familiar, mana suara yang tidak. Setelah itu bayi berusaha memahami polanya, dan menerka maknanya.

Meski demikian ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajarkan si kecil bahasa asing, Moms.

"Orang tua harus memastikan tumbuh kembang anak normal. Maksudnya, dia tidak terlambat bicara atau mengalami disleksia," jelas Novita.

Ya Moms, Anda bisa mengajarkan si kecil bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, setelah ia menguasai banyak kosakata dari bahasa ibu. Dengan begitu anak tidak kesulitan membedakan kosakata dari bahasa ibu dengan kosakata dari bahasa Inggris.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36