Pencarian populer

Ajari Anak Menghargai Nilai Uang dengan 4 Cara Ini

Setelah mengenal uang, anak juga perlu diajarkan pada nilai uang. Dan jangan salah, mengajarkan nilai uang, lebih dari sekadar mengajarkan anak menabung, Moms.

Menabung memang merupakan salah satu cara untuk melatih anak agar terbiasa berhemat dan tidak mudah menghambur-hamburkannya begitu saja. Namun, anak juga perlu diajarkan untuk bertanggung jawab dalam menggunakan uang agar bisa lebih menghargainya.

Tidak usah takut susah, mengutip laman Everything Mom, Anda bisa mulai dengan melakukan hal-hal berikut.

Beri Batasan Uang Saku

Ilustrasi uang saku untuk anak (Foto: Shutterstock)

Memberi batasan uang saku untuk anak bisa jadi salah satu cara anak agar bertanggung jawab terhadap uang yang ia miliki. Anak akan tahu kapan waktu untuk berhenti jajan ketika uang sakunya habis dan ia tak boleh meminta lagi.

Membatasi uang saku yang diberikan dalam sehari juga dapat membuat anak lebih berhemat. Misalnya, jika Anda telah menetapkan uang saku anak sehari Rp. 10.000, maka Anda harus tetap memberikannya Rp. 10.000 sehari, tidak boleh lebih maupun kurang.

Jangan beri anak uang jajan tambahan kecuali dalam keadaan yang amat mendesak. Dengan itu, anak akan bisa mengira-ngira batasan ia bisa membelanjakan uangnya.

Ajarkan Kebiasaan Baik

Ilustrasi anak menabung. (Foto: Thinsktock)

Anda bisa mengajarkan anak kebiasaan baik seperti menabung, membuat daftar pengeluaran uang harian, atau membuat rencana pengeluaran ke depannya.

Dengan membiasakan anak untuk mencatat segala pengeluarannya, Anda dan anak dapat mengecek pengeluaran jajan anak mana yang paling besar. Lewat catatan itu nantinya Anda dan anak dapat mengontrol sekiranya pengeluaran apa yang tidak terlalu diperlukan untuk sering dibelanjakan.

Buat Target yang Bisa Anak Ikuti

Ilustrasi mengajari anak menghargai uang (Foto: Shutterstock)

Buatlah target yang cukup menantang tapi tetap realistis dan bisa dicapai oleh anak. Misalnya ajak anak menabung untuk membeli mainan yang diinginkkannya.

Ajari anak untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk bisa mencapai target tersebut. Anak yang berhasil menyelesaikan targetnya akan lebih puas dan menghargai barang yang ia beli dari tabungannya sendiri.

Beri Contoh

Beri anak contoh bersikap bijak dalam menggunakan uang (Foto: Shutterstock)

Untuk membuat anak bertanggung jawab, kebiasaan-kebiasaan di atas perlu Anda lakukan juga. Jadilah contoh bagi anak Anda. Anak tidak akan memahami apa yang Anda ajarkan bila di matanya Anda sendiri kerap menghambur-hamburkan uang.

Reporter: Nanda Saputri

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22