kumparan
1 Jul 2019 8:26 WIB

Bukan Cuma Bikin Mata Sehat, Ini 6 Manfaat Wortel untuk Anak

anak makan wortel Foto: Shutterstock
Sesering apa Anda memasukkan wortel dalam menu makan anak, Moms? Bila belum pernah atau masih jarang, coba deh frekuensinya ditambah. Pasalnya, wortel kaya nutrisi dan vitamin esensial yang akan sangat berguna bagi kesehatan anak. Dan yang dimaksud di sini bukan cuma soal kesehatan mata saja lho, Moms!
ADVERTISEMENT
Memang wortel mengandung beta-karoten, nutrisi penting yang memungkinkan pertumbuhan yang sehat pada anak. Beta karoten memainkan peran penting karena akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan berguna untuk mata atau penglihatan.
Apa lagi manfaat lain dari wortel? Mengutip Mom Junction, sebuah penelitian di University of Newcastle, Australia, mengungkapkannya. Yuk, simak!
ilustrasi memasak wortel Foto: Shutterstock
  1. Membuat kulit sehat:
Wortel dapat membuat kulit si kecil bersinar sehat, karena beta-karoten di dalamnya membantu memperbaiki kerusakan sel kulit akibat metabolisme. Sementara vitamin A dan antioksidan di dalamnya, melindungi kulit anak dari kerusakan akibat sinar matahari.
Perlu kita ketahui Moms, kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan rambut rapuh, kuku, dan kulit kering.
balita makan wortel Foto: Shutterstock
  1. Melindungi pencernaan dan mencegah sembelit:
ADVERTISEMENT
Wortel mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, serat merangsang sekresi cairan lambung dan memastikan pergerakan usus halus. Jadi, makan wortel mencegah sembelit dan gangguan perut lainnya.
Saat anak alami diare misalnya, buatkan saja sup dengan wortel atau jus wortel karena wortel bisa membantu menyembuhkannya dengan cepat dan efektif.
Ilustrasi anak sakit perut. Foto: Shutterstock
  1. Mengatasi cacingan:
Wortel juga membantu mengusir cacing usus yang bisa hidup di dalam perut si kecil. Jadi bila anak mengalami cacingan, jangan lupa beri ia wortel, Moms.
  1. Meningkatkan memori:
Wortel juga dikenal memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif anak. Ini karena mengandung senyawa yang disebut luteolin, yang dapat mencegah peradangan otak dan kehilangan memori bertahap yang datang seiring bertambahnya usia.
Wortel Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
  1. Mencegah Lonjakan Kolesterol
ADVERTISEMENT
Wortel membantu menghilangkan kolesterol jahat atau lemak dari hati, sambil mempertahankan kadar empedu dalam organ. Konsumsi wortel juga dapat berguna untuk membersihkan tubuh dari racun karena serat makanan di dalamnya membantu menjaga usus besar tetap bersih dan mempercepat pembuangan limbah.
fakta menarik tentang wortel Foto: Shutterstock
  1. Membuat Gigi sehat:
Wortel bisa jadi sikat gigi alami! Ya Moms, wortel mentah bisa digunakan untuk membersihkan plak dari gusi dan gigi, serta menghilangkan bau tak sedap yang tercipta dari makanan yang kita makan. Kalsium dan mineral lain yang dimiliki wortel dapat melawan kuman dan menjaga gigi tetap sehat dan bersih.
Kesimpulannya? Wortel adalah sumber vitamin dan mineral yang dapat membuat anak lebih sehat! Jadi jangan lupa sering-sering menyajikan untuk si kecil ya, Moms!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·