Pencarian populer

Cara Ajari Anak Mencuci Mobil Sesuai dengan Usianya

anak dan ibu mencuci mobil Foto: Shutterstock

Lebaran datang, asisten rumah tangga (ART) menghilang! Sabar, Moms, bukan cuma Anda yang mengalaminya. Cobalah untuk tetap tenang dan yakinkan diri bahwa semua akan baik-baik saja.

Menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi, Psi. saat ART tidak ada artinya tidak ada “penghalang” antara Anda, suami dan anak untuk bisa bekerjasama, saling mendukung dan menjadi lebih dekat.

"Buat 'rapat' keluarga, duduk sama-sama, jelaskan kondisinya pada anak, sebutkan apa-apa saja yang harus dikerjakan di rumah dengan tidak adanya ART lalu ajak memikirkan solusinya, bagi tugas!" tukas Vera.

Nah, bicara tugas, bisa enggak ya, anak diberi tugas mencuci mobil keluarga?

anak mencuci mobil Foto: Shutterstock

Jawabannya, bisa, Moms! Pastikan saja Anda mengajari dan minta anak mencuci mobil sesuai dengan usianya. Seperti apa misalnya?

Anak Balita sd Kelas 3

Bagi balita, anak usia prasekolah hingga anak usia 9 tahun atau kira-kira yang duduk di kelas 3 sekolah dasar, mencucui mobil adalah bersenang-senang! Kegiatan ini memungkinkan mereka untuk bermain air, gelembung, hingga 'menggambari' eksterior mobil Anda dengan sabun.

Jadi, tidak usah berharap terlalu tinggi ya, Moms. Jangan berharap mobil bersih sempurna seperti habis dari salon atau tempat cuci profesional. Cukuplah ajari anak teknik dasar mencuci mobil.

Apa saja misalnya?

Pertama, tunjukkan pada mereka bagaimana Anda ingin mobil dicuci. Misalnya dengan gerakan melingkar atau naik-turun. Lalu tunjukkan anak cara membilas mobil. Bila anak sudah mengerti, beri selangnya dan minta anak untuk mencoba melakukannya sendiri.

Jangan lupa, beli spons berwarna cerah atau yang berbentuk lucu plus sarung tangan kecil untuknya. Ini akan membuat tugas mencuci mobil tampak lebih menyenangkan dan menarik untuk anak Anda.

Ilustrasi mencuci mobil Foto: Pixabay

Anak Kelas 4 ke Atas

Untuk anak yang lebih besar, Anda mulai bisa mengajari dan meminta anak mencuci mobil dengan lebih teliti. Dengan menggunakan waxing mobil, misalnya. Jelaskan bahwa mobil harus bersih dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Anda juga bisa menunjukkan pada anak cara membersihkan bagian-bagian dalam mobil yang lebih sulit untuk dikerjakan. Termasuk membersihkan karpet mobil dan memastikan semua jendela dibersihkan dengan kain lembut misalnya.

Bagian ini, mungkin tidak menyenangkan seperti mencuci badan mobil. Tapi jelaskan pada anak, kenapa hal ini penting untuk dilakukan.

anak dan ayah mencuci mobil Foto: Shutterstock

Singkat kata, bersabarlah! Jelaskan pada anak selangkah demi selangkah hingga ia benar-benar paham serta bila perlu ulangi lagi dan lagi. Perlahan-lahan, anak akan semakin mengerti dan terbiasa melakukannya sendiri atau tak perlu lagi Anda dampingi.

Kalau masih tetap perlu didampingi? Jalani saja, Moms! Mencuci mobil bersama juga bisa jadi pengalaman menyenangan yang meningkatkan bonding orang tua dan anak, lho.

Setiap selesai mencuci mobil bersama, Anda juga bisa mengajak anak jalan-jalan ke minimarket atau gerai yang tidak terlalu jauh untuk membeli es krim. Pasti berkesan dan jadi tradisi indah di momen Lebaran!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32