kumparan
19 Agu 2019 17:37 WIB

Cerita Selvi Ananda Atasi Tantangan Selama Menyusui Jan Ethes

Selvi Ananda di acara Moms Mingle. Foto: Willy Hadinata
Setiap ibu punya pengalaman menyusui yang berbeda, begitu pula yang dirasakan oleh menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda. Selama menjalani kehamilan keduanya, Selvi kembali mengingat perjalanannya mengandung, melahirkan dan membesarkan Jan Ethes Srinarendra yang kini sudah berusia 3 tahun. Termasuk juga, pengalamannya menyusui yang tak lepas dari berbagai tantangan.
ADVERTISEMENT
"Kalau berat enggak ya, tapi kalau pergi ya kita harus mencari tempat yang ada nursery room, paling tidak kita harus duduk, berhenti sebentar kalau anak mau minum. Jadi enggak bisa yang bebas gimana, tapi enggak apa-apa dinikmatin aja," jelas Selvi saat interview eksklusif dengan kumparanMOM, Minggu (18/8) di Hotel Grand Savero, Bogor.
Selvi Ananda di acara Moms Mingle kumparanMOM. Foto: Dok. Willy Hadinata
Lebih lanjut, istri Gibran Rakabuming Raka ini juga bercerita, tantangan menyusui terbesar justru datang dari diri sendiri.
"Kalau ngomongin tantangan, sebenarnya tantangan terbesar justru ada di diri kita. Jadi komitmen dari ibunya itu, mau enggak konsisten memberikan ASI dengan segala keribetannya," kata Selvi.
Untuk mengatasi tantangan tersebut, dukungan dari suami dan keluarga jadi hal yang paling penting bagi Selvi. Dengan dukungan dari keluarga, Selvi berhasil memberikan ASI untuk Jan Ethes hingga usianya 18 bulan.
ADVERTISEMENT
"Support system itu penting banget sih, terutama dari suami, orang tua, lingkungan sekitar tuh, harus bisa meyakinkan 'kamu bisa memberikan ASI untuk anakmu' ASI seorang ibu pasti cukuplah untuk anak," ungkapnya.
Jan Ethes dan Selvi Ananda di Moms Mingle. Foto: Willy Hadinata
Menurut Selvi, sebagai seorang suami, Gibran juga selalu memberikan dukungan untuknya agar bisa menjalani proses menyusui dengan bahagia. Ia bercerita, bagaimana dulu Gibran selalu meyakinkannya bahwa ASI yang ia miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Jan Ethes.
"(Mas Gibran) Meyakinkan kalau saya bisa, pasti ASI nya cukup. Hari pertama pasti kan enggak langsung keluar ASI nya. Tapi gak papa kita keukeuh menyusui, ASI-nya cukup untuk anak kita. Suami juga menemani kita, kalau kita lagi nyusuin begadang, lagi ngantuk-ngantuk, paling enggak ada yang nemenin jadi kita semangat," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan Anda, Moms? Apa yang dilakukan untuk mengatasi tantangan selama menyusui?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan