kumparan
21 Agu 2018 11:17 WIB

Hamil Anak Pertama, Kapan Perut Raisa Mulai Membuncit?

Raisa hamil anak pertama. (Foto: YouTube @raisa6690)
Penyanyi Raisa baru saja mengumumkan kehamilan anak pertamanya dengan Hamish Daud lewat video pendek yang diunggah ke YouTube pada 20 Agustus lalu. Berjudul ‘Raisa & Hamish - Our Little Light’, video itu telah ditonton lebih dari 1,2 juta kali dan dibanjiri 5000 komentar oleh warganet.
ADVERTISEMENT
Tak lama lagi, warganet bisa melihat foto-foto kehamilan Raisa di akun Instagram-nya. Tapi, kapan ya kira-kira perut Raisa mulai membuncit?
Sebenarnya, tak ada patokan mutlak kapan perut ibu hamil harus mulai membuncit, Moms. Sebab, ada beberapa faktor yang memengaruhi, sehingga bisa sangat bervariasi pada tiap perempuan.
Untuk kehamilan pertama seperti Raisa misalnya, perut mulai tampak membuncit diperkirakan antara minggu ke-12 hingga ke-16. Namun berbeda jika ini bukan kali pertama Anda hamil.
Screenshot USG Kehamilan Raisa. (Foto: YouTube: Raisa6690)
Dilansir Pregnancy Corner, kehamilan kedua dan seterusnya biasanya tampak membuncit sebulan lebih cepat daripada kandungan pertama. Alasannya, otot dalam rahim telah meregang karena kehamilan sebelumnya.
Sebelum usia 12 minggu, janin dalam perut masih berupa embrio. Ia belum membutuhkan banyak ruang dalam rahim. Namun seiring bertambahnya jumlah sel pada janin, ia akan tumbuh dan membesar. Alhasil, rahim pun menebal dan meregang pada minggu ke-16 sehingga perut ibu hamil pun tampak membuncit.
ADVERTISEMENT
Usia ibu hamil pun memengaruhi. Perut ibu hamil yang berusia muda akan mulai membuncit lebih lambat daripada perempuan yang berusia lebih tua. Ibu muda biasanya memiliki otot perut yang lebih kuat sehingga dapat menyamarkan tonjolan di perutnya. Sementara usia Raisa kini menginjak 28 tahun.
Raisa Andriana. (Foto: Munady Widjaja)
Selain kali kehamilan dan usia, bentuk badan juga berperan. Ibu hamil yang kurus lebih cepat tampak membuncit daripada perempuan dengan berat badan lebih. Dilansir Fit Pregnancy, ibu hamil dengan berat badan ekstra biasanya mulai membuncit pada akhir trimester kedua. Faktor genetika, posisi uterus, konstipasi, dan mengandung bayi kembar turut mempengaruhi kapan ibu hamil mulai tampak buncit.
Sayangnya, Raisa dan Hamish belum mengumumkan detail usia kandungan anak pertama mereka. Bagaimanapun juga, kita doakan semoga calon ibu dan kandungannya selalu sehat ya Moms!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·