Pencarian populer

Kiat Menidurkan Bayi Kembar

Bayi kembar (Foto: thinkstock)
Mengasuh bayi kembar tentu berbeda dengan mengasuh bayi tunggal. Termasuk saat tiba saatnya untuk menidurkan mereka. Anda harus memikirkan betul bagaimana cara membagi waktu, tenaga dan perhatian Anda.
ADVERTISEMENT
Tapi bukan berarti tidak ada cara mudahnya, Moms. Dilansir Baby Center, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba menidurkan bayi secara bersamaan. Beri waktu yang sama pada kedua bayi agar waktu tidur serta waktu bangun mereka selalu beriringan.
Jika salah satu bayi Anda ada yang rewel dan yang satu lagi tenang, jangan memprioritaskan bayi yang rewel. menurut Alexander Goblin, Ph.D., direktur di Sleep and Behavior Medicine Institute, Chicago, AS, bila Anda lebih fokus menenangkan bayi rewel, maka kembarannya yang lebih tenang akan kehilangan waktu tidurnya.
Jadi alih-alih menenangkan bayi yang rewel, pusatkan dulu perhatian Anda pada si kecil yang lebih tenang agar ia segera terlelap. Tak perlu khawatir, kerewelan saudara kembarnya tidak akan mempengaruhi kemampuannya untuk tidur kok, Moms.
Ilustrasi bayi kembar. (Foto: Thinkstock)
Kedua, cobalah untuk menjaga rutinitas keduanya agar tetap teratur. Bila salah satu bayi menangis ingin disusui, coba bangunkan saudaranya sehingga Anda dapat menyusui mereka secara bersamaan.
ADVERTISEMENT
Ketiga, letakkan bayi kembar ke tempat tidurnya selagi mereka masih terjaga. Anda bisa membantu bayi tertidur dengan sendirinya dengan membiarkan mereka berlatih dan merasa nyaman dengan kasurnya sendiri.
Bila memungkinkan, siapkankanlah boks atau tempat tidur yang berbeda untuk masing-masing bayi. American Academy of Pediatrics merekomendasikan hal ini guna mencegah bayi mengalami sesak napas karena berbagi ranjang dan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak.
Bayi kembar (Foto: Pixabay)
Keempat, hindari interaksi dengan bayi bila bayi terbangun di malam hari sehingga ia cepat kembali tidur. Usahakan agar Anda tidak melakukan kontak mata atau menatap langsung bayi apalagi mengajak bayi bercanda. Jangan pula menyalakan lampu kamar. Cukup susui lalu letakkan kembali bayi ke tempat tidurnya.
Anda tidak mau kan, memancing si kecil jadi betul-betul bangun dan malah mengajak Anda bermain bersama?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86