kumparan
19 Agu 2019 17:54 WIB

Kunci Sukses Selvi Ananda Menyusui Jan Ethes: Semangat Pasti Bisa

Selvi Ananda di acara Moms Mingle. Foto: Willy Hadinata
Proses menyusui tidak sekadar memberi ASI karena punya berjuta manfaat untuk ibu dan bayi. Menyusui juga jadi salah satu faktor yang sangat menunjang kecerdasan bayi. Hal itu diyakini betul oleh Selvi Ananda. Istri dari Gibran Rakabuming Raka yang saat ini tengah hamil anak kedua pun dengan bangga menceritakan bagaimana ia memberikan ASI eksklusif untuk putra pertamanya, Jan Ethes Srinarendra. Menurutnya, ia memang sudah bertekad akan menyusui anak-anaknya.
ADVERTISEMENT
"Hari pertama pasti kan enggak langsung keluar ASI-nya. Tapi enggak apa-apa kita kekeuh menyusui, yakin ASI nya cukup untuk anak kita," kata Selvi saat diwawancara kumparnMOM, Minggu (19/8).
Gibran Rakabuming, Selvi Ananda dan Jan Ethes Foto: Willy Hadinata
Menurut Selvi, ada beberapa faktor yang turut menyumbang peran penting dalam menentukan keberhasilan ibu menyusui. Selain dukungan dari keluarga, ibu juga harus yakin bisa menyusui dan ASI yang ia miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan anaknya.
"Jadi itu dari mindset kita sendiri dan juga dukungan dari orang-orang sekitar kalau kita yakin bisa pasti cukuplah untuk anak. Seorang ibu pasti tahu kebutuhan anaknya seperti apa," tambah Selvi.
Selvi Ananda di acara Moms Mingle kumparanMOM. Foto: Dok. Willy Hadinata
Ya Moms, bagi Selvi, setiap ibu harus punya komitmen yang kuat untuk bisa sukses menyusui. Selvi percaya, sejatinya tidak ada ibu yang tidak bisa memberikan ASI untuk anaknya, sehingga salah satu kunci agar bisa sukses menyusui adalah yakin pada diri sendiri.
ADVERTISEMENT
"Buat ibu-ibu hamil yang dan ibu menyusui bahwa kita harus menemukan keyakinan dari dalam diri sendiri dan mencari support system di lingkungan sekitar kita terutama suami, orang tua dan keluarga kita. Harus bisa meyakinkan kalau kita bisa memberikan ASI untuk anak kita. Karena kita ibunya, kita yang paling tahu kebutuhan anak kita, pasti bisa!" jelasnya.
Nah, setuju dengan pernyataan Selvi di atas? Yuk, kuatkan komitmen Anda agar bisa sukses menyusui si kecil. Yakin saja, ibu pasti bisa!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan