kumparan
16 Mar 2018 10:44 WIB

Manfaat Mengayuh Kaki Bayi

Ilustrasi Mengayuh Kaki Bayi (Foto: Unsplash)
Meski bayi yang berusia 0 sampai dengan 4 bulan belum bisa duduk apalagi bicara, bukan berarti Anda tidak bisa mengajaknya bermain. Bayi justru perlu diajak bermain untuk memberi stimulasi yang baik bagi tumbuh kembangnya.
ADVERTISEMENT
Permainan apa yang dapat Anda lakukan bersama bayi? Banyak, Moms. Salah satunya permainan mengayuh sepeda di udara.
Cara bermainnya tidak sulit. Pertama, letakkan bayi terlentang di tempat tidur atau alas bermain dari kain atau matras tebal. Setelah itu, pegang kedua kaki bayi dan perlahan-lahan gerakkan kakinya seolah-olah ia sedang mengayuh sepeda.
Kaki Bayi (Foto: Pixabay)
Sambil melakukan kayuhan ini, jangan lupa tatap mata si kecil, tersenyum dan ajaklah ia bicara. Anda juga dapat bernyanyi untuk menghibur bayi. Meski tampak sederhana, permainan ini dapat membantu bayi yang baru lahir membiasakan diri dengan kegiatan yang melibatkan gerakan fisik dan meningkatkan kesadaran akan tubuhnya sendiri.
Bayi tahu ia punya dua kaki dan kakinya dapat digerakkan seperti itu. Dengan pemahaman ini, seiring dengan perkembangan morotiknya kelak ia akan dapat mengayuh sendiri kedua kakinya itu. Bila bayi dapat melakukannya, artinya kekuatan, keseimbangan dan kemampuan koordinasi gerakan di kedua kakinya sudah berkembang.
ADVERTISEMENT
Ini penting lho, Moms. Kekuatan otot kaki, keseimbangan, dan koordinasi gerakan berguna sebagai bekalnya saat latihan berjalan beberapa bulan ke depan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan