kumparan
13 Apr 2019 13:55 WIB

McDonald's Indonesia Luncurkan Buku Cerita dalam Paket Happy Meal

Peluncuran program Happy Meal Readers di Sarinah, Jakarta. Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Paket Happy Meal sudah lama disediakan McDonald’s untuk pelanggan anak-anak. Pembelian paket ini selalu disertai oleh mainan yang bisa dikoleksi si kecil.
ADVERTISEMENT
Nah mulai 12 April 2019, anak dapat memilih antara membawa pulang mainan atau buku cerita dari setiap pembelian paket Happy Meal nih, Moms.
Ya, McDonald’s Indonesia baru saja meluncurkan program Happy Meal Readers demi meningkatkan minat baca anak. Pada program itu, McDonald’s bekerja sama dengan penulis asal Inggris, Cressida Cowell, untuk membuat seri buku cerita bertajuk Treetop Twins Adventures atau Petualangan Si Kembar Treetop.
Loading Instagram...
Cressida Cowell sebelumnya telah menerbitkan serial buku How to Train Your Dragon yang sangat populer dan sudah diadaptasi ke dalam film. Khusus dan eksklusif untuk McDonald’s, Cowell menulis 12 judul buku.
Seri buku Petualangan Si Kembar Treetop nantinya akan diterbitkan dua judul setiap dua bulan hingga Februari 2020.
ADVERTISEMENT
“Ini pertama kalinya anak-anak bisa memilih antara mainan atau buku cerita setiap membeli paket Happy Meal. Buku cerita ini fiksi tapi diselipi banyak pengetahuan tentang dinosaurus. Kami berharap program Happy Meal Readers dapat membantu mengembangkan budaya membaca anak Indonesia,” papar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia saat ditemui di Jakarta pada Kamis (11/4).
Peluncuran program Happy Meal Readers di Sarinah, Jakarta. Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Caroline menambahkan seri buku Petualangan Si Kembar Treetop ditujukan untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas. Kemasan fisiknya juga didesain agar aman untuk ramah anak.
“Buku cerita ini didesain ramah anak karena meski pakai hard cover, ujungnya tidak runcing. Aman untuk anak usia usia 3 tahun. Karena anak pada usia itu belum bisa baca sendiri, kesempatan orang tua untuk bonding dengan anak dengan membacakannya,” tambah Caroline.
ADVERTISEMENT
Hal itu disetujui oleh psikolog anak dan keluarga Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si. Menurutnya, membaca buku bersama akan memperkuat ikatan emosional antara anak dan orang tua.
“Membaca buku dapat meningkatkan hubungan emosional anak dan orang tua jika dilakukan bersama. Bisa menjadi kesempatan untuk membahas nilai-nilai penting yang ada dalam buku lalu disesuaikan dengan nilai-nilai dalam keluarga,” jelas Nina, panggilan akrabnya.
Ilustrasi anak dan ibu membaca bersama Foto: Shutterstock
Membahas buku yang telah dibaca bersama dengan si kecil juga dapat meningkatkan minat baca anak.
“Setelah selesai baca buku, jangan hanya berhenti di situ. Obrolin apa yang seru dari buku itu. Dengan mengobrol buku yang telah dibaca, anak akan lebih tertarik untuk membaca lagi,” tambah Nina.
ADVERTISEMENT
Seri buku Treetop Twins Adventures telah disebarkan McDonald’s sebanyak 400 juta buku di seluruh dunia melalui Happy Meal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan