Pencarian populer

Panduan Memilih Pelindung Lutut Bayi untuk Merangkak

Ilustrasi Pelindung Lutut untuk Bayi Merangkak (Foto: Dok: Istimewa)

Pelindung lutut untuk menunjang bayi merangkak kini memang mudah dibeli di mana saja. Model dan motifnya pun juga beragam.

Tapi, menggunakan pelindung lutut bagi si kecil yang mulai merangkak bukanlah hal wajib melainkan merupakan pilihan Anda. Anda yang lebih tahu kebutuhan si bayi dan kondisi tempat bayi merangkak.

Ada plus dan minus dari pelindung lutut bagi si kecil. Poin plusnya yaitu, melindungi bayi dari resiko terpleset, melindungi lutut bayi dari luka, dan membuat bayi lebih nyaman dan hangat dari lantai yang dingin ketika merangkak.

Namun, ada pula poin minus dari penggunaan pelindung lutut ini. Poin minusnya ialah bayi jadi kurang bisa merasakan tekstur lantai atau tempat ia merangkak.

Bayi dengan hemofilia atau kondisi mengalami pembekuan darah secara lambat saat ia terluka, sebaiknya menggunakan pelindung lutut. Itu untuk melindungi lututnya yang mudah memar, kesemutan serta nyeri ringan.

Bayi merangkak di rumput. (Foto: Shutterstock)

Nah, Moms, memakai pelindung lutut memang kembali disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan si buah hati, namun, tidak ada salahnya jika punya satu atau dua pelindung lutut di rumah untuk berjaga-jaga, terutama saat musim dingin tiba.

Anda bisa berikan pelindung lutut yang sesuai dengan kebutuhan pada fase bayi merangkak ini. Secara garis besar, ada dua tipe pelindung lutut yang bisa Anda pilih, yaitu pelindung lutut tanpa bantalan dan pelindung lutut dengan bantalan.

Pelindung lutut tanpa bantalan biasanya berbentuk menyerupai kaus kaki. Panjangnya bisa beragam. Ada yang sampai ke pergelangan kaki, atau hanya sampai betis.

Perlukah Bayi Merangkak Pakai Pelindung Lutut (Foto: Dok: Istimewa)

Kekurangan dari pelindung lutut jenis ini, yaitu lebih sedikit melindungi lutut bayi dari benturan karena tidak adanya bantalan, pelindung lutut ini bisa saja licin jika dipakai saat bayi merangkak di atas lantai marmer, dan juga mudah merosot karena bahannya yang mirip kaus kaki.

Pelindung lutut jenis kedua ialah pelindung yang memakai bantalan. Bahan di area lutut terbuat dari bantalan yang tebal sehingga lebih optimal melindungi lutut. Sehingga akan lebih aman dibanding yang tidak ada bantalan untuk menghindari benturan, yang berisiko membuat si kecil terluka.

Meski begitu si kecil juga perlu beradaptasi dulu, sebab posisi lututnya akan jadi lebih tinggi karena ada bantalan dibanding yang tidak ada bantalannya.

Nah, Moms, memakai atau tidak pelindung lutut yang dengan bantalan atau tidak, sesuaikanlah dengan kebutuhan bayi Anda ya.

Penulis: Nanda Saputri

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20