Pencarian populer

Permainan yang Cocok untuk Bayi Usia 5 Bulan

Biarkan bayi merangkak bebas di dalam pagar bermain (Foto: Shutterstock)

Agar tumbuh kembang bayi lebih optimal, para pakar menganjurkan orang tua untuk melakukan stimulasi. Tapi tenang saja Moms, jangan berpikir yang rumit-rumit dulu. Memberi bayi stimulasi bisa Anda lakukan dengan cara yang sangat mudah bahkan menyenangkan, kok. Apa itu? Ajaklah si kecil bermain!

Pastikan saja pilih permainan yang sesuai dengan usia bayi. Perhatikan juga durasinya. Jangan sampai, bayi malah jadi tertekan atau kelelahan akibat mendapat stimulasi yang terlalu banyak. Nah, khusus bayi usia 5 bulan, Anda bisa memberi stimulasi dengan 4 permainan yang ini:

1. Menyetir mobil

Ilustrasi bayi belajar duduk bersama ibu (Foto: Shutterstock)

Tentu bukan mobil sungguhan dan yang Anda butuhkan adalah benda berbentuk bulat untuk dijadikan setirnya, seperti bantal, Moms. Pada usia ini, bayi mulai bisa duduk sendiri, Moms. Bantu ia bersenang-senang dengan kemampuan barunya ini!

Caranya posisikan ia duduk di paha Anda, lalu Anda bisa pura-pura menyetir mobil, lengkap dengan suara dan getaran tubuh seolah mobil sedang melaju dan mengerem.

Selain membuat si kecil ceria, ide bermain ini juga bisa melatih imajinasi dan interaksi antara Anda dan bayi.

2. Membacakan buku cerita

Ilustrasi anak dan ayah (Foto: Pixabay)

Bayi usia 5 bulan juga menyukai aneka suara yang lucu-lucu, Moms. Untuk memudahkan, gunakan buku cerita saja. Tak apa bila si kecil belum mengerti benar isi cerita yang ingin Anda sampaikan.

Tugas Anda 'hanya' bersenang-senang menggunakan aneka suara dan mimik dari tokoh-tokoh cerita tersebut. Perhatikan, Moms, si kecil bisa jadi meniru suara dan mimik Anda, kemudian tertawa geli setelahnya.

3. Meletakan aneka mainan di hadapannya

Ilustrasi Bayi Bermain (Foto: Pixabay)

Daya genggam bayi usia 5 bulan semakin mantap. Ia juga sudah mulai lancar meraih serta memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Anda bisa menyediakan beberapa mainan di hadapannya untuk ia eksplor, Moms.

Berikan ukuran yang jangan terlalu kecil untuk menghindari dari bahaya tertelan, tapi juga jangan yang terlalu berat dan tajam agar tak melukainya. Meski terlihat sangat sederhana, nyatanya aktivitas ini dapat melatih otot dan gerak motoriknya.

4. Bernyanyi sambil tepuk tangan

Bayi Tepuk Tangan (Foto: Thinkstock)

Ocehan si usia 5 bulan akan semakin sering Anda dengar, Moms. Ajari ia sebuah lagu sederhana sambil bertepuk tangan. Akan lebih mudah memulai dari lagu yang sering ia dengar setiap harinya. Meski ia baru menggumam, tapi tak apa, Moms, si kecil sangat menyukai ide bermain ini.

-----------------------------------------

Moms, yuk, pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan mengikuti topik Tumbuh Kembang Bayi yang khusus disiapkan kumparanMOM. Dalam topik itu, kami akan membahas tahapan tumbuh kembang bayi perbulan disertai dengan berbagai artikel menarik lainnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36