Pencarian populer

Selain Setengah Hari, Ini 4 Cara Lain untuk Anak Belajar Puasa

Ilustrasi ibu dan anak Foto: Shutterstock

Moms, dampingi anak belajar puasa sejak dini, yuk! Melatih dan membiasakan si kecil puasa pada bulan Ramadan banyak manfaatnya. Selain baik untuk kesehatannya, anak juga dapat belajar mengendalikan diri.

Ustaz Bendri Jaisyurrahman, konselor anak, remaja dan pernikahan serta aktivis gerakan Sahabat Ayah, menjelaskan bahwa anak dibiasakan puasa pada usia yang sama saat diajarkan ibadah lainnya, seperti salat dan membaca Al-Quran.

Latihan puasa yang sering dipraktikkan untuk anak adalah puasa setengah hari. Apa maksudnya? Ya moms, alih-alih berpuasa seharian hingga petang si kecil bisa mulai belajar dengan berpuasa hanya sampai setengah hari saja. Begitu adzan zuhur terdengar, anak boleh berbuka puasa.

Tapi, masih ada lho, cara lain yang bisa anak coba untuk belajar puasa. Apa saja?

Pilih waktu yang tepat untuk memberi bayi camilan atau MPASI Foto: pixabay

Puasa di Antara Waktu Makan

Bila anak masih balita, umumnya belum bisa berpuasa hingga setengah hari. Apalagi bila selain waktu sarapan, makan siang dan makan malam, ia biasa makan makanan selingan di antara waktu makan.

Nah, coba ajak anak puasa di antara waktu makan, Moms. Jelaskan pada anak, ia boleh makan dan minum sesukanya pada waktu sarapan dan makan siang. Tapi setelah waktu makan, jangan sajikan anak buah, camilan, atau susu misalnya.

ayah mengantar anak sekolah Foto: shutterstock

Puasa di Sekolah

Ada juga anak yang belajar berpuasa di sekolah saja. Kira-kira dari pukul 6.30 pagi sejak anak berangkat sekolah, sampai 12 siang ketika ia kembali ke rumah. Anak bisa pergi sekolah tanpa membawa bekal maupun botol minumnya dan ingatkan juga untuk tidak jajan. Cara ini biasanya juga cocok untuk anak-anak yang merasa ingin berpuasa seperti teman-temannya di sekolah tapi belum mampu berpuasa penuh.

Ilustrasi anak minum air putih Foto: Shutterstock
  1. Puasa Makan Saja

Haus umumnya jadi tantangan terbesar saat anak belajar puasa. Itulah kenapa Anda juga bisa mengajak anak belajar berpuasa dengan puasa makan saja. Ya Moms, biarkan anak berlatih menahan rasa lapar tapi tetap boleh minum sekenendaknya. Perlahan-lahan, Anda bisa minta anak mengurangi minum, hingga tidak minum sama sekali alias puasa penuh satu hari!

Ilustrasi sarapan anak Foto: Shutterstock
  1. Puasa Sejak Sarapan

Anak masih susah dibangunkan dini hari untuk sahur? Bukan berarti tidak bisa belajar puasa, Moms. Coba saja minta anak berpuasa sejak sarapan. Bila anak sudah terbiasa, Anda bisa mencoba menggeser waktu sarapannya menjadi lebih pagi dan lebih pagi lagi.

Nah Moms, cara yang mana yang akan Anda coba? Atau justru Anda punya cara lain untuk membantu anak belajar puasa? Yuk, ceritakan di kolom komentar supaya bisa jadi masukan untuk orang tua yang lain.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53